alexametrics

Olah Limbah Plastik Jadi Lifestyle

Puncak KKN MIT UIN Walisongo Gelar Festival

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Kuliah Kerja Nyata (KKN) tak lagi di pedesaan. Terbukti, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang telah menerapkan program KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) UIN Walisongo ke IX mulai sejak 14 Januari hingga 27 Februari mendatang.

KKN mandiri ini disebar di Kota Semarang sebanyak 34 posko dengan jumlah 510 mahasiswa. Lainnya, 690 mahasiswa disebar ke NTT, NTB, Karimunjawa, dan Boyolali. Momen puncak pelaksanaan KKN tersebut dimeriahkan dengan Festival Pemanfaatan Limbah Plastik, Rabu (19/02).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang Ahmad Junaidi mengatakan pengolahan sampah plastik ini mengatasi problematika selama ini.

“Pendayagunaan sampah plastik ini bisa menjadi life style hidup bersih dan sehat,” katanya.

Baca juga:  Hendi Minta Tak Ada Penumpukan Pengunjung Saat Museum Kota Lama Buka

Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq menambahkan, sampah di Semarang mencapai 90 ton. Jika dikalkulasi dengan jumlah warga Kota Semarang, rata-rata setiap hari memproduksi sampah setengah kilogram. Sampah selalu dianggap kotor sehingga tidak dilirik. Untuk itu, kegiatan ini sebagai bagian dari pengabdian kampus UIN Walisongo Semarang.

“Saatnya beralih dan berpikir ulang bahwa sampah bisa berpotensi bisnis dan mengembangkan ekonomi melalui pengolahan sampah. Sampah bisa menjadi ikon untuk produktif dalam berkarya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Sapto Adi Sugihartono mengatakan kegiatan festival yang diinisiasi oleh UIN Walisongo ini luar biasa. Sejalan dengan program Pemkot Semarang dalam mengurangi sampah plastik. Ini bisa menggerakkan masyarakat untuk membuka mata bahwa banyak produk olahan dan recycle sampah yang bisa dilakukan.

Baca juga:  Minta Cabut Gugatan, Baru Bahas Perdamaian

“Mari memanfaatkan sampah, kalau sudah menjadi sampah mari kelola sebaik-baiknya,” tuturnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dalam hal ini LP2M menggandeng Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Walisongo, dan PKK Kota Semarang. Adapun rangkaian acaranya Talkshow Semarang Hebat, Festival Kuliner Semarangan, Expo KKN, Lomba Fashion Show Limbah, dan Lomba Karya Inovatif Limbah. (ifa/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya