alexametrics

Penertiban PKL Kemijen Sempat Dramatis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG,– Satpol PP Kota Semarang membongkar paksa ratusan kios dan lapak di Pasar Kemijen, Senin (17/2). Penertiban sempat diwarnai ketegangan antara petugas dengan anggota ormas Pemuda Pancasila (PP).

Bersyukur, ketegangan tersebut akhirnya berhasil diredam.
Penertiban yang terkait proyek penataan Banjir Kanal Timur (BKT) ini, difokuskan pada pedagang yang menggelar lapak liar di sepanjang jembatan. “Normalisasi sungai segera dilakukan, karena jembatan sudah diperbaiki. Waktu lalu, sempat ditertibkan.

Namun, para pedagang yang diwakili ormas PP meminta waktu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (17/2) kemarin.
Penertiban ini melibatkan Polrestabes Semarang, Polsek Semarang Timur, Kodim 0733/BS Semarang, Dinas Perdagangan, Camat Semarang Timur dan Kurahan Kemijen.

Baca juga:  Ke Pasar Tak Pakai Masker, Siap-Siap Dihukum Push Up

Petugas satu persatu mengangkat peralatan pedagang ke dalam truk Satpol PP. Meskipun sempat mendapat penolakan dari ormas PP, pihaknya tetap melakukan penertiban. “Pedagang meminta waktu lagi sampai Lebaran. Tapi tidak bisa, karena sudah ada kesepakatan sebelumnya di tanggal 3 Januari 2020,” imbuhnya.

Perwakilan ormas PP Setyawan meminta agar pemerintah segera menyediakan tempat relokasi. “Jangan sampai ada satupun pedagang yang tidak mendapatkan tempat. Karena ada ratusan pedagang yang menggantungkan hidupnya dari sini,” paparnya.

Meski demikian, pihaknya menegaskan akan mendukung program pemerintah demi kebaikan Kota Semarang. Ormas PP akan mengawal jalannya relokasi agar tidak melanggar norma kemanusiaan.

Disinggung terkait lapak pedagang, pihaknya akan memindahkan pedagang ke Pasar Rejomulyo. “Untuk niat pindahan mereka sudah disana. Apabila ada pedagang yang belum mendapat kios, segera bilang ke kami. Kios gratis tak dipungut biaya,” tandasnya. Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, penertiban pasar Kemijen berlangsung aman, tertib dan tanpa ada masalah. (avi/ida)

Baca juga:  40 Lapak PKL Johar Ditertibkan Satpol PP

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya