alexametrics

Siswa Diajak Bersihkan Arca dan Prasasti Museum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Museum Ronggowarsito kembali bergeliat. Guna menarik minat generasi milenial, mereka mengajak ratusan siswa turut serta dalam proses pembersihan koleksi arca dan prasasti.

Kepala Museum Ronggowarsito Asih Widhiastuti menuturkan, pihaknya kembali mengajak siswa untuk melakukan kegiatan Belajar Bersama Museum (BBM). Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini lebih inovatif. Dengan memberi kesempatan langsung kepada siswa untuk membersihkan koleksi museumnya. Sehingga siswa tidak lagi hanya melihat namun dapat langsung praktik.

“Kegiatan BBM memang sudah kami adakan sejak 2016. Namun untuk mengikutsertakan dalam perawatan koleksi museum baru tahun ini,” ujarnya di sela kegiatan BBM di Museum Ronggowarsito Rabu (12/2).

Meski telah memberikan izin kepada siswa untuk turut serta, bukan berati pihaknya lepas tangan dalam pelaksanaanya. Pihaknya mengaku telah menyiapkan tim khusus untuk mendampingi kegiatan siswa tersebut. Sebab benda bersejarah yang ada tetaplah benda rapuh. Sehingga perlu penanganan khusus dan kehati-hatian yang tinggi agar tidak merusak benda bersejarah itu sendiri.

Baca juga:  Kongres Sampah Libatkan Lintas Kalangan

“Kita tentu sudah siapkan tim yang bisa mengarahkan koleksi mana yang bisa disentuh mana yang tidak. Lagi pula saat pembersihan tersebut kita juga siapkan bahan cairan khusus agar tidak merusak arca dan prasasti yang ada,” lanjutnya.

Selain menambah pengalaman siswa, dirinya berharap kegiatan tersebut dapat menghilangkan stigma seram dan angker pada museum. Sehingga semakin banyak generasi milenial yang tertarik untuk berkunjung. Bahkan dirinya telah menyiapkan program lainnya untuk menambah minat mereka. Antara lain Dolan ke Museum, Night at the Museum, dan pameran keliling ke seluruh Jawa Tengah.

“BBM kali ini kami hanya memgajak  100 siswa dari 10 sekolah menengah atas di Semarang. Tapi bagi yang berminat seperti kegiatan kali ini, dapat mengikuti program lain yang memang kami siapkan untuk memperkenalkan dan menambah pengetahuan tentang museum,” pungkasnya.

Baca juga:  Dua Ribu Pelaku Pariwisata Terima Vaksin

Sementara itu siswa SMA Negeri 14 Semarang, Dwi Noviansyah Putra antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya ini menjadi pengalaman pertamanya turut serta membersihkan koleksi museum Ronggowarsito. Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan secara rutin. Sehingga semakin banyak anak yang tertarik dan berminat untuk turut serta melestarikan benda-benda peninggalan sejarahnya.

“Tentu bagus. Selain menambah teman lain SMA lain tapi juga menambah semangat untuk melestarikan benda bersejarah milik bangsa. Pokoknya ini menjadi pengalaman yang tidak terlupakan,” ujarnya. (akm/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya