alexametrics

Terminal Terboyo Dilengkapi Penginapan

Ditargetkan April Beroperasi

Artikel Lain

Terminal Barang Terboyo
– Terminal dilengkapi fasilitas penginapan, gudang, dan bengkel
– Infrastruktur ditinggikan untuk mengantisipasi terjadinya rob
– Terminal Terboyo akan digunakan untuk angkutan kota dan peti kemas
– Anggaran pembangunan dari APBD Kota Semarang sebesar Rp 50 miliar
– Pengelolaan terminal diserahkan kepada pihak ketiga
– Ditargetkan akan beroperasi pada April 2020
Diolah dari Berita

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG, – Terminal Terboyo ditargetkan beroperasi pada April 2020 mendatang. Nantinya pengelolaan terminal barang tersebut akan diserahkan kepada pihak ketiga.(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, jika saat ini sudah ada dua pihak ketiga yang mendaftarkan diri untuk menjadi pengelola Terminal Terboyo. “Sudah ada dua yang masuk, dan ini tinggal menunggu pemaparannya,” kata Endro kepada Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (11/2).

Baca juga:  Bangunan Dibongkar Paksa, PKL di Kawasan Terminal Terboyo Menangis

Terminal tipe C tersebut nantinya akan digunakan sebagai terminal angkutan barang dan angkutan kota. Sebelumnya, Terboyo berfungsi sebagai terminal bus baik Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Pembangunannya pun kini sudah 100 persen. Sehingga untuk fungsionalnya tinggal menunggu waktu, kapan diputuskan dari dua calon pengelola yang sudah masuk.

Pembangunan terminal dilengkapi dengan banyak fasilitas. Antara lain, penginapan, gudang, dan bengkel. Infrastruktur juga ditinggikan untuk mengantisipasi terjadinya rob. Adanya sejumlah fasilitas yang tersedia, diharapkan truk-truk besar yang biasa mangkal di jalanan akan merasa nyaman berada di terminal baru.

Seperti diketahui, Pemkot Semarang mengalokasikan APBD sebesar Rp 50 miliar untuk pembangunan Terminal Terboyo menjadi terminal tipe C. Sebelumnya, Terminal Terboyo merupakan terminal tipe A yang kewenangannya berada di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kini, setelah berubah menjadi terminal tipe C, kewenangannya berada di Pemerintah Kota Semarang.

Baca juga:  Ribuan Mahasiswa UIN Walisongo Jadi Kader Koperasi

Dikatakan Endro, nantinya Terminal Terboyo akan digunakan untuk angkutan kota dan peti kemas. Sementara untuk bus-bus luar kota yang biasa masuk ke Terminal Terboyo akan dialihkan ke Terminal Mangkang. Untuk mempersiapkan Terminal Terboyo sebagai terminal barang, pihaknya akan menggencarkan operasi penertiban angkutan massal. Sebab, saat ini di beberapa titik sekitar Terminal Terboyo masih digunakan untuk bus AKAP dan AKDP sebagai terminal bayangan. Tentunya hal itu jika tidak ditertibkan nantinya akan memengaruhi fungsi dari Terminal Terboyo sebagai terminal barang.

“Kita terus melakukan razia di sekitaran Terminal Terboyo, supaya masyarakat tidak menganggap itu masih terminal seperti dulu, namun sudah berubah menjadi terminal barang,” ujarnya.

Baca juga:  Viral! Pemudik Dipaksa Calo Terminal Terboyo Beli Tiket Bus Semarang-Pati Rp 190 Ribu

Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Rukiyanto berharap terminal tipe C tersebut untuk segera bisa difungsikan. “Supaya bisa segera beroperasi, dan itu kan nantinya juga bisa mendatangkan PAD bagi Kota Semarang,” kata politisi PDIP tersebut.

Jika melihat waktu yang tersedia, ia optimistis Terminal Terboyo bisa segera dioperasionalkan. “Kalau direncanakan April dengan tenggang waktu sekarang bisa sepertinya,” katanya. (ewb/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya