alexametrics

HPN 2020, Radar Semarang Ukir Prestasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG, – Jajaran redaksi Jawa Pos Radar Semarang memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 dengan menggelar doa bersama di kantor Jalan Veteran 55 Semarang, Minggu (9/2). Acara didahului dengan refleksi singkat yang dipimpin langsung oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto.(FIAN DIGITAL/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Pada kesempatan tersebut, pemred mengapresiasi capaian Jawa Pos Radar Semarang. Di bawah kepemimpinan Direktur Baehaqi, koran ber-tagline Inspiratif dan Beda ini mampu menjadi yang terbaik di Jawa Pos Radar Group.

“Ini menjadi tantangan bagi kita untuk bisa memberikan yang lebih baik lagi ke depannya. Terlebih di tengah kondisi media cetak saat ini,” ujarnya mengantarkan doa yang dipimpin Djati Prasetyo, lay outer Jawa Pos Radar Semarang.

Baca juga:  Kandungan Nutrisi Maggot Digemari Lele

Sementara itu, HPN 2020 juga diperingati PWI Jateng dengan menggelar istighotsah. Dalam acara ini, Gubernur Ganjar Pranowo melalui Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah Heru Setiadhie menyampaikan peran penting pers dalam mengawasi jalannya pemerintahan. Termasuk penggunaan anggaran pembangunan agar dapat sesuai rencana dan pemanfaatannya.

”Apabila pers mencium aroma tindakan yang mengarah pada korupsi, segera lakukan investigasi. Tuangkan dalam berita yang berimbang. Kalau diberitakan, saya yakin, pelanggar hukum akan malu dan jera,” ujarnya di auditorium RRI dalam acara Istighotsah dalam rangka HPN tingkat Jawa Tengah, Minggu (9/2) dan peringatan HUT ke-74 PWI.

Gubernur juga mengingatkan kepada awak media untuk senantiasa menyampaikan informasi berimbang tanpa tendensi. Ia ingin, ke depan, pers dapat terus menjadi sarana pemersatu bangsa dan turut menjaga keutuhan NKRI.

Baca juga:  Agar Pengendara Tak Gerah, Traffic Light di Semarang Akan Dipasang Pendingin

”Lebih dari itu, informasi yang disampaikan kepada publik harus berkontribusi meningkatkan pemahaman masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan,” tandasnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi tidak menampik peran penting pers dalam berlangsungnya pemerintahan. Ia mengibaratkan, pers sebagai salah satu dari empat roda untuk membawa kota Semarang kian maju dan berkembang dalam pembangunannya.

”Empat roda itu adalah penduduk dengan segala ketokohannya, pengusaha, pemerintah dan pewarta,” jelasnya dalam acara yang dihadiri mantan gubernur Ali Mufiz, sejumlah tokoh agama dan tokoh politik di Jawa Tengah.

Peran pers, ia katakan, dapat dirasakan dengan adanya respon yang diberikan nasional hingga dunia internasional terhadap pembangunan di Semarang. ”Ini diketahui dari berita, baik media cetak, elektronik maupun online. Kemarin saat acara di Brunei, Semarang dapat penghargaan kota wisata terbersih di Asia Tenggara. Ini karena kawan wartawan di Semarang menulis beritanya top,” ujarnya.

Baca juga:  Pejuang Pertempuran Lima Hari Terima Semarang Award

Ditambahkan, bukan hanya berita positif, ketika terjadi pembangunan yang tidak tepat waktu, ia juga tidak mempersoalkan untuk diberitakan. Sebab pada dasarnya, pemerintah kota Semarang tidak antikritik. ”PR ke depan adalah teknologi yang berkembang dahsyat. Bagaimana kita memberikan berita yang inspiratif dan dapat membangun bangsa kita,” ujarnya. (sga/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya