alexametrics

Cegah Virus Korona, Permintaan Masker Tinggi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, – Berita wabah virus korona di Wuhan membuat permintaan masker di sejumlah toko peralatan kesehatan maupun apotik meningkat. Banyak yang was-was hingga menilai penting menggunakan masker untuk mencegah penularan. Berikut bincang Jawa Pos Radar Semarang, Sigit Andrianto dengan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo.(Sigit Andrianto/ Jawa Pos Radar Semarang).

Permintaan masker meningkat, apakah benar penggunaan masker dapat mencegah penularan virus korona?
Tidak ada alat pelindung diri yang 100 persen bisa menjamin kita tidak akan tertular penyakit. Akan tetapi, paling tidak penggunaan masker bisa meminimalisir.

Masker jenis apa yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus?

Ada masker N95, ini sulit untuk ditembus. Walaupun masih memungkinkan, tapi sangat kecil. Kalau masker N95 sulit didapatkan, bisa menggunakan masker yang dijual di apotik, yang warnanya putih sama biru. Yang biru itu mengandung zat-zat yang bisa melindungi dari virus. Kalau bingung cara pemakaiannya, yang biru berada di luar.

Baca juga:  Musim Umrah dan Haji Normal Lagi, Industri Tas Koper mulai Bangkit

Karena penularannya bisa juga secara langsung melalui percikan batuk. Makanya perlu menggunakan masker. Itu akan meminimalisir penularan.

Selain menggunakan masker, apa yang dapat dilakukan masyarakat sebagai upaya pencegahan?
Menjaga pola hidup bersih dan sehat. Seperti yang sering kami sampaikan, mencuci tangan menggunakan sabun. Karena penularan virus ini dapat melalui fasilitas umum. Seperti fasilitas umum di bandara maupun pelabuhan. Kemudian perilaku hidup sehat yang lain perlu kita lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ada yang ingin disampaikan kepada masyarakat Jawa Tengah?
Jangan panik. Jangan terlalu takut. Meski demikian, kita perlu untuk tetap waspada dan siaga. Pemerintah sudah dan terus melakukan deteksi dini di bandara dan pelabuhan untuk mencegah masuknya virus ini. Kemudian sudah menyiapkan rumah sakit rujukan untuk menangani kasus ini. (*/ida)

Baca juga:  Juara Tahun Lalu Daftar Kategori Baru

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya