alexametrics

Angkat Cerita Kearifan Lokal Kota Semarang

Zaskia Talita Sasikirani, Siswi SDN Ngaliyan 01 Terbitkan Enam Komik dan Cerpen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, – Berawal dari iseng dan hobi membaca, Zaskia Talita Sasikirani sering menjuarai lomba menulis cerita pendek (cerpen) baik tingkat kecamatan, Kota Semarang hingga nasional. Bahkan karya siswa SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang ini sudah diterbitkan dalam enam buku kumpulan komik dan cerpen.(IDA FADILAH/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEJAK kelas 3 SD, Zaskia Talita Sasikirani sudah membuat cerita pendek. Awalnya ia hanya menulis di catatan dalam handphone. Setelah dilihat oleh ibunya, ia dianjurkan untuk mengikuti lomba menulis. Kali pertama ia mengikuti lomba di sebuah majalah anak, dan langsung mendapatkan juara 1.

“Sejak saat itu menjadi percaya diri karena bisa mendapatkan juara,” kata putri pasangan Dharmawan Nugraha dan Sekar Dyah Titisari ini kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia kemudian melanjutkan hobinya itu. Hasilnya, ia sering menjuarai lomba-lomba menulis cerpen tingkat kota dan bisa masuk tingkat nasional dalam ajang Festival Literasi dan Lomba Nasional (F2N). Uniknya, hampir semua cerita pendek yang ditulis berlatar belakang kearifan lokal Kota Semarang. Beberapa judul cerpennya yaitu Viralkan Ganjel Rel yang merupakan makanan khas Kota Semarang. Lalu, Vivi dan Filosofi Salam Semarang, dan Warak Ngendog Terbang ke Australia.

Baca juga:  Genjot Pendapatan, Pemkot Semarang Naikkan Tarif PBB

Dalam salah satu karyanya yang berjudul Bintang Keliling Dunia, gadis yang akrab disapa Saski ini mengisahkan seorang anak yang berlibur dalam satu malam. Lokasi yang dituju yaitu tempat wisata di Semarang, seperti Kota Lama, Lawang Sewu, Sam Poo Kong, Vihara Budhagaya Watugong, dan lain-lain.

“Saya menulis apa yang saya lihat. Kalau sudah ada ide kemudian ditulis ke dalam bentuk cerpen,” ujar gadis kelahiran Semarang, 30 Januari 2008 ini.

Ada enam karyanya yang sudah diterbitkan menjadi buku kumpulan komik dan cerita pendek. Antara lain, Komik KKPK berjudul Perpustakaan Misterius Kasus Baru terbit pada Juni 2019; Kumpulan Cerita Pendek Penulis Cilik Indonesia dengan judul Kesya Pandai Menabung terbit 2019; Komik KKPK berjudul Gara-Gara Mata Nenek terbit Juli 2019; Komik KKPK berjudul Gara-Gara KPOP terbit Desember 2019, serta dua komik yang terbit 2020, yakni Komik KKPK berjudul OMG!Ketahuan terbit Januari 2020 dan Komik KKPK berjudul Peter’s Playtime terbit Januari 2020.

Baca juga:  Jaringan Kiai Sebut Hendi Pemimpin yang Tepat

Meski bukan royalty yang jadi tujuan utama, namun Saski sudah bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai lomba dan karyanya. Selain menulis cerpen, ia juga pernah menulis essay. Hebatnya, dalam mengikuti lomba essay yang diadakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan tema “Aku dan Listrik”, ia bisa meraih juara 1 tingkat nasional.

Sejak sering menjuarai lomba menulis, ia lantas mengikut les di DNA Writing Club Semarang untuk semakin memperdalam ilmu kepenulisan. Hasilnya, kini ia menjadi wartawan cilik di Majalah Cilukba.

Saski sendiri pandai dalam mengatur jadwalnya. Ia lebih dulu menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dari sekolah, dan jika ada waktu luang barulah menulis cerpen. Dalam sehari, gadis yang bercita-cita menjadi dokter dan penulis ini bisa menulis satu cerpen. Terkadang ia hanya membuat kerangka penulisan, lalu diselesaikan jika ada waktu luang.

Baca juga:  Truk Molen Terguling, Sopir Terjepit Satu Jam

“Buat cerpen kalau sudah selesai semua PR, kalau nggak ya buat pas hari Sabtu atau Minggu,” jelas pemilik akun Instagram @zaskia_sasikirani dan @bukunya_saski ini.

Sebelum merambah ke dunia penulisan, ia lebih dulu menekuni dunia mewarnai dan menggambar. Ia juga sering menjuarai lomba tingkat Kota Semarang. Salah satunya Juara 3 lomba conectorpen challenge Faber Castel Indonesia tingkat Kota Semarang pada 2016. (*/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya