alexametrics

Targetkan 70 Persen Suara

Pilwalkot Semarang 2020

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG –Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berpeluang besar mendapatkan rekomendasi menjadi calon Wali Kota pada Pilwalkot Semarang 2020 mendatang. Pasalnya, calon petahana ini memiliki prestasi gemilang dalam membangun Kota Semarang.

“Rekomendasi untuk calon kepala daerah dari DPP PDI Perjuangan biasanya turun mendekati masa pendaftaran. Peluang petahana sangat besar, apalagi saat Rakernas PDIP, Mas Hendi (Hendrar Prihadi, Red) ikut disebut namanya oleh Ketua Umum PDIP Bu Mega,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Kadarlusman, Jumat (17/1).

Di sisi lain, berkaitan dengan wakil yang bakal mendampingi petahana, Pilus belum dapat memprediksi. “Kalau wakil kami belum bisa memastikan rekomnya ke siapa,” ungkapnya.
Pada Pilwalkot 2015, PDIP berhasil mendapatkan suara partai sebanyak 48 persen dari tiga calon yang berkontestasi. Apabila petahana kembali berkontestasi, ia berharap suara partai bisa terkantongi hingga 70 persen.

Baca juga:  Bawa Opor dan Jajanan, Wali Kota Hendi Lebaran Bersama Pasien Covid-19

“Kalau misalnya hanya satu calon dan beberapa partai serius berkoalisi, 70 persen Insya’Allah terkantongi. Target kami bisa tembus 80 persen,” katanya.

Apabila melawan kotak kosong, ia mengaku tidak menyiapkan strategi apapun. Ia yakin masyarakat bisa menilai dan meraskan keberhasilan pembangunan yang dilakukan selama hampir lima tahun berjalan.

“Kalau Pilkada di Makasar yang melawan kotak kosong beda perkara. Masyarakat tahu keberhasilan incumbent, tiba-tiba incumbent tidak bisa nyalon. Akhirnya masyarakat tidak memilih,” ujarnya.

Di Kota Semarang, lanjutnya, masyarakat memiliki hubungan yang luar biasa dengan incumbent. “Keberhasilan kota mereka merasakan sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa partai politik yang sebelumnya masuk ke dalam barisan oposisi, sampai sekarang masih wait and see. Salah satunya Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Untuk siapa calon yang akan didukungnya, sampai sekarang juga belum jelas.

Baca juga:  Dukung Gerakan Zakat, Hendi Dapat Penghargaan dari Baznas RI

Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono mengatakan, pihaknya masih menunggu suara dari internal. “Kita belum memutuskan (dukungan), karena masih menunggu suara dari semua kader kami,” ujar Suharsono.

Meski begitu, ia mengakui jika sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai lain terkait kontestasi Pilwalkot 2020 mendatang. (ewb/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya