alexametrics

E-BPHTB Persempit Celah Kebocoran dan Pemalsuan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam menerapkan Sistem Elektronik Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (E-BPHTB).

Kepala Bapenda Kota Semarang Agus Wuryanto mengatakan, sistem yang terintegrasi dengan dua instansi itu akan mulai diujicobakan pada 20 Januari mendatang. “Integrasi Sistem E-BPHTB diharapkan mampu meningkatkan kevalidan dan keakuratan data, serta meminimalisir pemalsuan atau kebocoran data,” ujarnya usai sosialisasi Sistem E-BPHTB di gedung pertemuan Balai Kota Semarang Kamis (16/1).

Sistem tersebut juga bisa mempermudah pencatatan dan pembukuan pendapatan daerah. Diharapkan melalui sistem itu nantinya wajib pajak akan mendapatkan peningkatan pelayanan. Kemudahan dalam pengurusan sertifikat tanah. Sebelum mulai diujicoba, Bapenda akan menempatkan satu petugas di Kantor BPN Kota Semarang.

Baca juga:  Minat Guru Menulis Artikel semakin Tinggi

Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan penerapan sistem E-BPHTB. Petugas akan menjembatani proses integrasi, selama masa transisi menuju penerapan sistem ini. Untuk itu, diharapkan PPAT dan Notaris tidak bingung dengan proses pelayanan yang ada.

“Data yang disampaikan dalam pengisian E-BPHTB harus benar, jelas, lengkap, dan akurat sesuai kondisi sertifikat yang ada. Penerapan ini juga dilakukan atas dorongan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Kota Semarang Sigit Rachmawan Adhi mengungkapkan, penerapan E-BPHTB sebagai bagian dari kemajuan jaman yang saat ini telah memasuki era industri 4.0. “Salah satu cirinya, yaitu pelayanan dilakukan melalui sistem digital,” kata Sigit.

Baca juga:  Hendi Minta Kader PDI-P Teladani Bung Karno

Untuk itu, semua bentuk pelayanan nantinya akan segera berubah menggunakan sistem online. Ini sesuatu yang tidak bisa ditolak, berkaitan dengan kemajuan zaman.

“Masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Bapenda maupun BPN, cukup daftar lewat online. Setelah persyaratan diisi lengkap dan di-upload, kemudian dibayar maka selesai pada saat itu juga,” ujarnya. (ewb/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya