alexametrics

Tahun 2020, Polda Jateng Targetkan Tanam 1,5 Juta Pohon

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel terus menggalakan program penghijauan diwilayah hukum Jawa Tengah. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan serentak penanaman dan pemeliharaan pohon bersama Wakapolda Jateng, Brigjen Ahmad dan anggota di seluruh Polres jajaran Polda Jateng, Jumat (10/1/2020).

“Saya bersama Pak Wakapolda dan anggota Polri seluruh Jawa Tengah 35 Polres di Jawa Tengah hari ini melaksanakan kegiatan serentak penanaman dan perawatan pohon,” ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, disela kegiatan penanaman pohon di kompleks halaman Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, Jumat (10/1/2020).

Kegiatan tersebut merupakan dalam rangka hari gerakan satu juta pohon, tahun 2020 Polri Peduli Lingkungan dan program Polda Jateng Go Green untuk 1,5 juta pohon di Jawa Tengah oleh Polda Jateng berserta jajaran tersebut didukung oleh PT Djarum Foundation yang diwakili oleh Bagus, Perhutani, Bapedas dan BPBD Jawa Tengah.

Baca juga:  Polda Jateng Digelontor Hibah Rp 2,4 M

“Ini merupakan program Polda Jateng, Go Green. Kegiatan ini merupakan kegiatan nasional yang dicanangkan oleh Bapak Kapolri yaitu gerakan Polri Peduli Penghijauan, Polri peduli lingkungan,” katanya.

Rycko membeberkan, penanaman kali ini merupakan program lanjutan yang sudah dilaksanakan sebelumnya sekitar bulan Nopember 2019 oleh Polda Jateng, menanam 12.000 bibit di seluruh Polres jajaran Polda Jateng. Kemudian pada pertengahan Desember 2019 melakukan penanaman pohon bakau di pantai daerah Sayung Kabupaten Demak sebanyak 3.000 bibit.

Kegiatan tersebut kemudian dilaporkan ke Mabes Polri. Hingga pada akhirnya kegiatan program Polda Jateng diangkat sebagai program nasional oleh tingkat kepolisian di seluruh Indonesia.

“Polda Jateng melakukan kegiatan lanjutan penanaman pohon, hari ini 32 ribu pohon di tanam pohon di seluruh polres jajaran Polda Jateng. Dan kami bercita-cita sangat ambisius pada tahun 2020 semoga bisa tercapai menanam 1,5 juta pohon,” katanya.

Baca juga:  Berbagi Kasih Natal dengan Seribu Rupiah

Pohon yang ditanam meliputi pohon keras dan pohon buah-buahan. Pohon keras diantaranya pohon jati, pohon trembesi, dan pohon tule. Sedangkan pohon buah diantaranya pohon rambutan, pohon mangga, ada juga pohon pete.

“Mari kita galakan kegiatan menaman dan merawat pohon untuk lingkungan dan untuk anak cucu kita semua. Insya Allah pada akhir bulan ini (Januari 2020) akan melanjutkan penanaman 10 ribu pohon bakau, rencananya nanti dilakukan di pantai Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Pihaknya juga ucapkan terima kasih kepada PT Djarum yang menyediakan bibit dan juga menjadi mentor pembuatan bibit pohon di Polda Jateng. Termasuk juga Perhutani dan Bapedas Jateng yang juga menyediakan bibit dan pohon.

Baca juga:  Penyekatan Selesai, 39.494 Kendaraan Terpaksa Putar Balik

“Mudah mudahan program ini terus berkelanjutan sampai tahun tahun berikutnya gerakan menaman pohon terus kita lakukan dan tidak akan berhenti. Sehingga semakin asri, semakin hijau ekosistem semakin seimbang dan tanah semakin subur,” pungkasnya. (mha/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya