alexametrics

Perlu Rasionalisasi Data

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID SEMARANG – Rasionalisasi data siswa miskin perlu dilakukan. Ini penting agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan dari pemeritnah provinsi dan pemerintah pusat.

Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen mengatakan, ini perlu dilakukan sebagai upaya mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan. Hasil rasionalisasi, nantinya dapat dialihkan kepada siswa tidak mampu lainnya yang belum mendapat bantuan. Khususnya siswa sekolah swasta.

“Kita hitung, sehingga apa yang kita anggarkan tidak terbuang sia-sia. Nanti yang belum mendapat bantuan, kita beri. Sehingga kita tidak memikirkan pendidikan di sekolah negeri saja, tapi juga merambah ke sekolah swasta,” ujarnya.

Wagub menambahkan, dibutuhkan koordinasi antardinas terkait. Sebab, menurutnya, bantuan dari pemerintah pusat, peruntukannya harus satu kesatuan dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. ”Bantuan dari pusat itu juga bagian dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota,” ujarnya.

Baca juga:  Hotel Noormans Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah Jumeri mengatakan, untuk menghindari tumpang tindih data, pihaknya terus melakukan verifikasi data. Lebih lanjut, pihaknya juga melakukan verifikasi faktual. ”Ini kami lakukan bersama cabang dinas dan kepala sekolah. Jadi untuk yang sudah menerima KIP/PIP agar diberitahukan,” ujarnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan agar jangan sampai terjadi overlap antara provinsi dan pusat. Sementara itu, jangan sampai juga ada siswa miskin yang tidak terbantu. Dalam hal ini, gubernur mencontohkan penganggaran di Pemkab Kebumen, yang mana ada sinkronisasi antara APBD Kabupaten Kebumen dengan APBDes.

”Penganggaran disesuaikan dengan isu yang akan dirancang pada tahun itu. Umpama isunya infrastruktur maka jika desa sudah menganggarkan infrastruktur di wilayahnya, maka pemkab tidak mengganggarkan lagi,” ujarnya. (sga/zal)

Baca juga:  Rambo 4294 Bidik Juara Umum

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya