alexametrics

Kaligawe Banjir, Arus Lalu Lintas Macet 2 Km

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak Selasa (7/1) sore hingga malam, mengakibatkan beberapa jalan protokol terendam banjir. Yang terparah terjadi di Jalan Kaligawe Raya. Bahkan, akibat banjir, arus lalu lintas Jalan Semarang-Demak ini mengalami kemacetan hingga 2 km. Selain Jalan Kaligawe, genangan air pada Selasa malam juga terlihat di Jalan Gajah Mada, Jalan Depok, Jalan Kaligawe, Genuksari, Puri Anjasmoro, Jalan Amarta, Krobokan, Perumahan Genuk Indah, Jalan Tambak Dalam, Sawah Besar, dan Jalan Imam Bonjol.

Pantauan Jawa Pos Radar Semarang, genangan banjir dengan ketinggian 40 sentimeter pada dua arah. Di bawah jembatan tol Kaligawe, genangan air cukup dalam. Juga di depan RSI Sultan Agung Semarang. Sejumlah truk dan kendaraan pribadi melaju pelan. Pun dengan para pengendara motor, harus ekstra hati-hati. Mereka harus memilih jalan yang genangan airnya tidak dalam. Sebab, tak sedikit pengendara yang mesin motornya ngadat karena kemasukan air.

Baca juga:  Empat Kelurahan dan Dua Desa Terendam Banjir

Salah satu pengendara motor, Sutarman, mengatakan, banjir kemarin cukup parah. Meski hujannya sudah reda, namun genangan air masih tinggi. Ia terpaksa harus menuntun sepeda motornya karena mogok. Sutarman juga harus menurunkan anak dan istrinya, dan mendorong motor ke tepi jalan.
“Banjirnya lumayan tinggi, motor saya mogok kemasukan air. Sudah tiga kali saya mengalami seperti ini di Kaligawe,”keluh Sutarman yang kemarin akan pergi ke Demak.

Meski tak hujan, tak sedikit pengendara motor yang kemarin basah kuyup. Mereka terkena cipratan air ban mobil yang melintas. Pasien dan pengunjung Rumah Sakit Islam Sultan Agung juga harus hati-hati saat melewati genangan banjir. “Sempat akan jatuh karena ada lubang yang tertutup genangan air, jadi rawan banget dan harus ekstra hati-hati,” ujar Tiara Sovia, mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung.

Baca juga:  Kecelakaan Maut di Jalan Raya Kaligawe Semarang, Seorang Pemotor Tewas

Akibatnya banjir Kaligawe, jalur pantura Semarang-Demak dua arah mengalami ketersendatan. Bahkan, kemacetan mencapai hampir 2 km. Pemkot Semarang sendiri berjibaku mengatasi genangan air Kaligawe dengan mengerahkan pompa penyedot.

Selain menggenangi jalur Pantura, banjir juga merendam wilayah permukiman warga Genuksari, Jalan Padi Raya, serta Gebang Anom Raya. Praktis, aktivitas warga pun ikut terganggu. (ifa/hid/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya