alexametrics

Perkuat Kualitas Ibu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Edukasi parenting bagi para calon ibu sampai ke pelosok desa perlu digiatkan. Langkah tersebut sebagai upaya menjaga ketahanan keluarga. Dengan edukasi dan pemahaman yang bagus tentu akan memajukan sumber daya manusia (SDM).

Anggota Komisi E DPRD Jawa Tengah Ida Nurul Farida mengatakan, ibu sebagai sekolah pertama bagi anak-anaknya, tentu perlu dibekali wawasan serta edukasi mengenai berbagai macam informasi tentang pendidikan anak. “Bagi saya menyelamatkan ibu juga berarti menyelamatkan generasi bangsa, karena pendidikan pertama bagi seorang anak dimulai dari keluarga,” katanya.

Bukan hanya parenting edukasi bagi calon ibu juga baiknya menyentuh bidang kesehatan seperti edukasi tentang menjaga kehamilan, persiapan melahirkan dan sebagainya. Hal seperti ini diperlukan sebagai upaya menekan Angka Kematian Ibu di Jawa Tengah yang pada tahun 2018 mencapai 78,6 per 100 ribu kelahiran hidup. “Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Angka Kematian Ibu di Jawa Tengah turun setiap tahunnya, tapi tentunya angka itu harus kita tekan terus untuk meningkatkan angka harapan hidup di Jawa Tengah,” ujarnya.

Baca juga:  Bekali Tanggung Jawab lewat Pekerjaan Rumah

Politisi PKS ini menilai demi mengejar pemerataan pembangunan manusia edukasi ini harus dilakukan pemerintah merata dari kota hingga pelosok desa. Masih banyak pelosok yang belum sepenuhnya tersentuh. Padahal semua itu sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jateng. “Kami ingin kualitas kehidupan bagi ibu dan anak sama baiknya di kota maupun di pedesaan. Dengan begitu, maka akan bisa meningkatkan daya saing sumber daya manusia,” tambahnya.

Ketua Komisi E DPRD Jawa Tengah Abdul Hamid menilai hal sangat penting bagaimana meningkatkan kualitas SDM di Jateng. Karena dengan SDM bagus, tentu akan meningkatkan taraf kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan serta pengangguran. “Peningkatan kualitas SDM menjadi hal penting, dan ini akan bersama dengan pemprov menjadi perioritas baik dari segi kebijakan maupun anggaran,” katanya. (fth/zal)

Baca juga:  Amphuri Perkuat Perlindungan Jamaah Haji

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya