alexametrics

Tahun Baru, Kota Lama Bebas Kendaraan Bermotor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Jelang malam pergantian Tahun Baru 2020, sejumlah lokasi wisata di Kota Semarang disiapkan menghadapi lonjakan pengunjung. Salah satunya Kota Lama Semarang, yang kini menjadi salah satu daya tarik wisata utama Ibu Kota Jawa Tengah.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi tak ingin kecolongan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi di kota yang dipimpinnya. Yakni, dengan memaksimalkan momentum malam Tahun Baru. Namun pria yang akrab disapa Hendi itu mengatakan, jika menarik kunjungan ke Kota Semarang pada malam Tahun Baru tantangannya akan jauh lebih besar. Pasalnya, dia meyakini jika banyak daerah juga berupaya untuk menyiapkan kegiatan yang menarik.

“Kami upayakan tahun ini yang ditawarkan Kota Semarang lebih menarik dari yang lainnya, dan juga dari tahun – tahun sebelumnya,” tegas Hendi.

Baca juga:  Hendi Tanggung Kerugian Pengamen Angklung Kota Lama

Salah satunya dengan memberlakukan car free night (CFN) di kawasan Kota Lama. Di luar jadwal biasanya. Pemerintah Kota Semarang akan menyiapkan lima mobil listrik untuk mengantarkan pengunjung dari kantong parkir ke kawasan wisata. Dengan begitu diharapkan pengunjung tidak akan kesulitan mengakses kawasan wisata Kota Lama.

Pemerintah Kota Semarang menyiapkan 6 kantong parkir di sekitar Kota Lama. Yakni, di eks pool Damri, PTPN (samping Café Sepur), Dream Museum Zone (DMZ), depan SATPAS Polrestabes, Jalan Sendowo (Parkir Umum Kawasan Kota Lama), dan Jalan Cendrawasih.

Di sisi lain, Kabid Pengendalian Ketertiban (Daltib) Dinas Perhubungan Kota Semarang Danang Kurniawan menyebutkan, jika pemberlakuan CFN juga untuk menghindari keruwetan lalu lintas. Sehingga pengunjung dapat lebih nyaman menikmati suasana Kota Lama.

Baca juga:  Monitoring bersama Polda Jateng, Hendi Pastikan Tidak Ada Kelangkaan Stok Minyak Goreng di Semarang

“Pemberlakuan Car Free Night di Kota Lama pada malam pergantian tahun juga dalam rangka menciptakan kenyamanan pengunjung yang akan menghabiskan waktunya di Kota Lama,” tutur Danang.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Indriyasari memperkirakan adanya lonjakan pengunjung. “Karena pergantian tahun baru bertepatan dengan libur natal dan libur sekolah. Jadi, seperti tahun-tahun sebelumnya biasanya destinasi wisata semakin ramai pengunjung” jelas Indriyasari.

Tak hanya Kota Lama, Pemerintah Kota Semarang pun menyiapkan hiburan berbeda di dekat kawasan Kota Lama, yaitu di Jalan Pemuda depan BCA. Di lokasi tersebut Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan hiburan tahun baru dengan menghadirkan artis-artis kenamaan, seperti NAIF, Denny Caknan, Ndarboy Genk, hingga Pendhoza pun dipasang sebagai sajian utama pergantian tahun. Tidak ketinggalan perayaan pergantian tahun baru juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api. (bbs/zal)

Baca juga:  Hendi Sukses Realisasikan Janji Kembangkan Kota Lama

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya