alexametrics

Gibran Diwawancara 1,5 Jam Siap Dipasangkan Siapa Saja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Putra Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menjalani fit and proper test sebagai bakal calon (Balon) Wali Kota Solo di kantor DPD PDI Perjuangan, Sabtu (21/12) kemarin. Ia menjalani wawancara selama kurang lebih 1,5 jam.

Gibran tiba di DPD PDI Perjuangan pukul 14.15. Ia mulai memasuki ruang wawancara sekitar pukul 14.26, setelah mengisi daftar hadir dan menunggu sesaat. Seperti biasa, Gibran tidak banyak bicara. Sembari menunggu giliran, ia terlihat menyalami sejumlah orang yang mendatanginya. Juga melayani sejumlah orang yang ingin berselfie.

Gibran keluar dari ruang wawancara pukul 15.54. Dengan nada dan tempo bicara seperti ayahnya, ia membeberkan sejumlah pertanyaan yang disodorkan kepadanya dalam menjalani fit and proper test. Di antaranya mengenai alasan bergabung dengan PDI Perjuangan, bagaimana kalau sudah mendapat rekomendasi, bagaimana kalau tidak mendapat rekomendasi serta visi misi sebagai bakal calon wali kota. Hanya saja, ia enggan menguraikan lebih lanjut.

“Sekaligus tadi Bu Agustin dan Pak Andang (pewawancara) sharing beberapa ilmu. Yang namanya anak muda perlu diisi dengan ilmu,” ujar pria yang mengaku tetap menjalin komunikasi dengan bakal calon wali kota Solo Achmad Purnomo dan Ketua DPC PDI Perjuangan Solo FX Hadi Rudyatmo.

Baca juga:  Fasilitas 15 SMK untuk Siswa Miskin

Ditanya lebih lanjut, terkait rekomendasi, ia menekankan ingin membesarkan PDI Perjuangan melalui gotong royong dengan semua elemen partai. Termasuk dengan tokoh-tokoh senior partai. “Intinya, saya siap untuk mengabdi kepada partai,” ujarnya pelan.

Sebaliknya, ia pun siap dipasangkan dengan siapa saja, jika nantinya mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk maju di pilkada 2020.

Ketua panitia penjaringan bakal calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wali kota DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Abang Baginda Hasibuan mengatakan bahwa dari 219 bakal calon yang mendaftar, baik melalui DPC maupun DPD PDI Perjuangan, hingga pukul 14.30 kemarin sudah ada 173 orang yang menjalani fit and proper test. Waktu fit and proper test diakhiri pukul 16.00. “Dari yang kami undang, semuanya memberikan konfirmasi untuk hadir,” ujarnya dalam konferensi pers, Sabtu siang (21/12) kemarin.

Baca juga:  Kampung Pelangi Semarang Butuh Sentuhan Warna Lagi

DPD PDI Perjuangan Tak Undang 4 Petahana Memang, ada sejumlah balon yang tidak diundang untuk mengikuti fit and proper test ini. Semuanya adalah petahana. Seperti Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Bupati Purbalingga dan Bupati Grobogan Sri Sumarni. “Karena memang ini tunggal dan tidak ada bakal calon lainnya. Semuanya sudah terbuktilah. Tapi kalau wakil, semua kami undang,” jelasnya.

Tahapan fit and proper test ini, ia katakan, merupakan proses penyaringan tahap pertama. Paska tahapan ini, akan digelar rapat partai di DPD yang hasilnya akan diserahkan ke DPP PDI Perjuangan hingga nantinya akan dikeluarkan rekomendasi.

“Ini untuk memudahkan DPP PDI Perjuangan dengan memberikan gambaran hasil proses fit and proper test di DPD,” ujarnya.

“Sesuai mekanisme, DPD PDI Perjuangan ikut mengerucutkan. Sehingga ada gambaran mengenai potensi dan kualitas bakal calon dari hasil fit and proper test,” jelasnya dengan menambahkan bahwa fit and proper test dilakukan DPD dengan dibantu anggota fraksi di DPRD Provinsi Jateng.
Kemungkinan, ia katakan, rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan akan diumumkan pada HUT PDI Perjuangan pada 10 Januari mendatang.

Baca juga:  Belajar dari YouTube, Bocah 15 Tahun Ini Buat Petasan Segede Termos

Dari sejumlah nama, tertulis nama Bupati Kendal Mirna Annisa pada daftar hadir. Baginda menyebut, kemungkinan Mirna mendaftar melalui DPP PDI Perjuangan. Sesuai mekanisme partai, pendaftaran memang dapat dilakukan melalui DPC, DPD maupun DPP PDI Perjuangan.

Sementara itu, Mirna Annisa terlihat datang di Panti Marhaen Semarang pukul 14.52. Kepada awak media, ia mengaku memenuhi undangan untuk melakukan komunikasi. “Saya malah tidak tahu (ada didaftar hadir, Red). Saya kaget,” ujarnya saat diberitahu namanya tercantum didaftar hadir. (sga/hid/ida)

Balon Bupati/Wali Kota Petahana Jadi Calon Tunggal
1. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
2. Bupati Wonogiri Joko Sutopo
3. Bupati Purbalingga
4. Bupati Grobogan Sri Sumarni
Sumber : DPD PDI Perjuangan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya