alexametrics

Ingatkan Ormas, Jangan Takuti Masyarakat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel berharap keberadaan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) tidak menakuti-nakuti masyarakat. Tapi saling bergandengan tangan menjaga kedamaian pada Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Meski ada beberapa ormas yang memberikan kritik tajam kepada pemerintah, Polri, dan TNI. Yakni di Solo Raya, namun ia berharap ormas tersebut bergandengan tangan menjaga kedamaian Natal dan Tahun Baru.

“Saya harapkan ormas ini bisa menjaga kedamaian dan kesejukan bersama TNI Polri,” kata Kapolda usai rapat Forkompinda Jateng jelang Natal dan Tahun Baru, kemarin.

Kapolda menjelaskan kelompok tersebut memiliki maksud baik untuk memberikan masukan. Hanya saja, terkadang caranya keliru di mata masyarakat. Oleh karena itu, Rycko mengimbau agar kelompok-kelompok tersebut tidak bertindak atau berstatemen yang membuat masyarakat takut.

Baca juga:  Perkuat Solidaritas Kokam dan Ortom

“Hadapi Natal dan Tahun Baru dengan menjaga keteduhan dan ketenangan. Jangan aksi yang membuat masyakarat takut dan resah. Tidak perlu memberikan pernyataan yang kontra produktif dengan kebahagiaan masyarakat yang ingin diperoleh di penghujung tahun,” tegasnya.

Rycko menambahkan, ormas di Jawa Tengah ada yang membantu pengamanan dan menjaga saudara Nasrani agar bisa beribadah dengan tenang. Pihaknya, mencontohkan yaitu dari Ormas Banser yang mau mengerahkan anggotanya ke gereja. “Saya mengucapkan terimakasih ke Banser dari NU yang sudah membantu di seluruh gereja,” terangnya.

Menanggapi antisipasi ormas yang melakukan sweeping, Rycko mengatakan telah melakukan pertemuan dengan para pimpinan ormas di Jateng. Bahkan telah mengidentifikasi tempat-tempat yang akan dijadikan sasaran sweeping. “Jadi apa yang akan di-sweeping sudah kami tertibkan terlebih dulu. Jadi tidak ada lagi yang perlu di-sweeping,” pungkasnya. (mha/ida)

Baca juga:  Sekali Klik, Tiga Menit Polisi Datang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya