alexametrics

Polda Jateng Tak Melarang Perayaan Natal di Rumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jateng bersama TNI siap melaksanakan pengamanan perayaan natal dan tahun baru 2020. Kepolisian juga tidak melarang kepada masyarakat yang merayakan natal di dalam rumah.

“Kita tegaskan, tidak melarang seluruh umat Kristiani melaksanakan ibadah dan merayakan natal. Polda Jateng juga siap mengamankan seluruh kegiatan ibadah dan perayaan Natal di seluruh Jateng,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel usai kegiatan apel gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Rabu (19/12) kemarin.

Rycko mengatakan jumlah personel Polda Jateng yang dilibatkan dalam pengamanan Nataru mencapai 2/3 personel dari 32 ribu jumlah anggota keseluruhan di Polda Jateng. Selain itu, nantinya juga mendapat tambahan 9 ribu dukungan dari TNI dan instansi terkait yang dilibatkan dalam pengamanan Nataru.

“Saya di dampingi bapak pangdam, insya Allah Polda Jateng dan TNI siap dan seluruh instansi yang mendukung untuk memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat di Jateng,” katanya.

Baca juga:  Selebgram TE Ditangkap di Hotel Semarang, Diduga Terlibat Prostitusi Artis

Rycko menyebutkan di Jateng hampir terdapat 3 ribuan gereja, 2800 diantaranya melaksanakan kegiatan ibadah. Meski demikian, Polda Jateng bersama Kodam IV Diponegoro sudah melaksanan kegiatan rutin yang ditingkatkan, atau semacam operasi mandiri kewilayahan, termasuk pengecekan sarana dan personil untuk pengamanan gereja.

“Ada beberapa gereja yang menjadi atensi kita, kriterianya adalah gereja gereja yang memiliki Jamaah cukup besar, kemudian gereja gereja yang melakukan Kegiatan bisa cukup banyak. Ini yang menjadi atensi kita, ada 138 gereja yang memiliki Jamaah cukup besar dan melaksanakan kegiatan ibadah cukup banyak,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI menilai sejumlah hal tehnis terkait sarana dan prasarana yang menjadi penunjang tugas serta operasional TNI-Polri masih membutuhkan dukungan penganggaran. Anggota Komisi III DPR RI, Eva Yuliana berjanji akan membantu memperjuangkan penambahan anggaran.

“Tadi kita lihat ada beberapa misalnya hal hal detail, tehnis yang harus kita perjuangkan lagi seperti mungkin biaya komunikasi dan peralatan peralatan lain dari Kepolisian,” ungkap Eva, Rabu (19/12) kemarin.

Baca juga:  Langgar Jam Operasional, Tempat Hiburan Malam di Semarang Dibubarkan

Selain kepolisian, Eva juga mengatakan akan membahas penambahan anggaran dari TNI. Namun demikian, perempuan politisi Partai Nasdem tersebut enggan membeberkan secara detail terkait jumlah kebutuhan anggaran tersebut.

“Dan mungkin nanti ada beberapa dari TNI yang akan kita sampaikan ke Komisi I (DPR RI). Ada hal hal yang butuh kita perjuangkan kita perhatikan untuk penambahan anggarannya. Secara detail tidak kita sampaikan disini,” katanya saat menghadiri acara kegiatan apel gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Eva menambahkan, sangat mengapresiasi kepada Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro dalam menyiapkan jajarannya untuk melaksanakan tugas kegiatan pengamanan ibadah dan perayaan Natal dan Tahun Baru di Jawa Tengah. Setelah menlihat secara langsung kesiapan apel siaga, diharapkan Jawa Tengah tetap kondusif pada perayaan Natal dan Tahun baru nanti.

Baca juga:  Pisah Sambut, Rycko Pamitan ke Forkopimda

“Insya Allah Jawa Tengah dalam kondisi yang aman, dan saudara- saudara yang melaksanakan ibadah dan merayakan Natal nanti akan bisa melaksanakan dengan kusyuk, begitu juga pada saat merayakan Tahun Baru,” pungkasnya.

Pimpinan gereja-gereja di Jateng, sebelumnya juga telah melaksanakan silaturahmi dengan pihak Polda Jateng, di gedung Mapolda Jateng, Selasa (17/12). Bahkan juga sangat mengapresiasi kegiatan silaturahmi dan menerima penjelasan Kapolda mengenai rencana peningkatan keamanan di gereja-gereja seluruh Jateng.

“Kami juga sangat bersukur dan berterimakasih kepada Pak Kapolda, karena acara ini baru pertamakali dilaksanakan secara serentak mengundang seluruh pimpinan gereja ke Polda Jateng. Kami juga mendo’akan petuags polisi diberi kesehatan dan berkat Tuha dalam menjalan tugas yg mulia. Termasuk mendo’akan bapak Presiden dan seluruh kabinetnya, para pemimpin dan seluruh rakyat Indonesia hidup dalam damai dan kasih Tuhan,” kata pendeta Eka. (mha/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya