alexametrics

Keterserapan Mahasiswa Capai 50 Persen

Udinus Gelar Job Fair

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  SEMARANG – Tingkat keterserapan lulusan dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini tercermin ketika kampus yang terletak di Kawasan Tugu Muda ini menggelar job fair. Sekitar 50 persen fresh graduate, langsung mendapat pekerjaan.

Kepala Pelayanan Alumni dan Karir Udinus Andik Setyono PhD mengatakan, pihak kampus selalu melakukan pendataan kepada mahasiswa yang baru lulus. Selain itu, rutin menggelar job fair guna memfasilitasi mahasiwa semester akhir atapun yang baru saja lulus.

“Tingkat keterserapannya sangat tinggi, mencapai 50 persen setiap kali job fair dilakukan oleh pihak kampus,” katanya di sela acara Job Fair Udinus ke-25, siang kemarin.

Baca juga:  IAIN Sabet Juara di BPC IPB 2019

Selain menyediakan lapangan kerja, lanjut dia, Udinus juga membekali mahasiswanya dengan keterampilan teknologi informasi (IT) dan kewirausahaan agar bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Misalnya dari 100 lulusan pada November lalu, 50 orang mendapatkan pekerjaan dari job fair, 30 orang membuka usaha dan 20 lainnya sudah bekerja duluan. Sehingga tingkat pengangguran lulusan Udinus bisa dibilang kecil,” paparnya.

Job fair sendiri menjadi agenda rutin Udinus Career Center (UCC) tiap tahunnya sebagai jembatan bagi para jobseeker dan lulusan Udinus yang diselenggarakan di Aula Gedung E lantai 3 Udinus selama dua hari yakni Sabtu (14/12) dan Minggu (15/12) kemarin. “Job fair ini juga memfasilitasi lulusan yang diwisuda November lalu. Untuk pekerjaan yang ditawarkan mulai dari lulusan SMA hingga strata dua,” tambahnya.

Baca juga:  Senin Malam Tes Kompetensi Kepala OPD Diumumkan, Disnaker Paling Diminati

Pada tahun ini job fair ke-25 menjadi job fair ketiga dan menjadi job fair penutup pada tahun 2019 bagi Udinus. Tiap tahunnya, Udinus menyelenggarakan tiga kali job fair dan mengikuti periode wisuda yang diselenggarakan oleh Udinus. “Ada 33 perusahaan dari perbankan, perhotelan, otomotif, hingga teknologi,” papar  Humas Udinus, Nining Sekar. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya