alexametrics

Jadikan Komik Sarana Mendidik Anak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Komik dijadikan tema utama dalam Pameran Seni Rupa Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Program Studi (Progdi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Semarang (Upgris). Pameran yang diadakan di Gedung Balairung Upgris pada 12-13 Desember 2019 ini turut menghadirkan Aris Mybret seorang  seniman komik dari Semarang.

Tema tersebut dipilih karena komik dianggap sebagai media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif.  Tak hanya itu, bentuk visual komik dianggap lebih bisa menarik minat dan perhatian anak-anak.

“Dulu di sekolah, kita sering melihat tulisan berisi pesan-pesan yang disampaikan apa adanya seperti tulisan buanglah sampah pada tempatnya. Sekarang sudah nggak zaman. Menampilkan pesan tersebut ke dalam bentuk komik justru lebih menarik perhatian siswa,” kata Sukamto selaku Ketua Progdi PGSD.

Baca juga:  Sebanyak 1.430 Ton Kedelai Impor Ditemukan Serangga

Dosen mata kuliah Seni Rupa, Singgih Adhi Prasetyo juga menjelaskan bahwa dalam acara ini juga terlibat komikus dari luar Upgris, di antaranya dari Unisnu Jepara, Unsri kendal, IKJ, dan beberapa SMA di Jawa Tengah. “Ada sekitar 30 peserta dari luar kampus yang ikut berpartisipasi dan 288 peserta dari mahasiswa untuk penunaian tugas akhir mata kuliah Seni Rupa,” ucapnya. (nor/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya