alexametrics

Pelatihan Pembelajaran Digital di SMKN 1 Tuntang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pada era disrupsi sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Dampak yang ditimbulkan informasi semakin terbuka menembus batas jarak, tempat, ruang dan waktu. Pada kehidupan manusia di era digital ini akan selalu berhubungan dengan teknologi. Jika kita gagap dengan teknologi makan akan terlambat dalam menguasai informasi.

Informasi dan komunikasi sebagai bagian dari teknologi juga sedang berkembang sangat pesat, mempengaruhi berbagai kehidupan dan memberikan perubahan terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Pendidikan mengalami perkembangan yang sangat pesat pula, diantaranya dengan adanya pembelajaran digital (digital learning).

Sejak Januari 2018, SMK Negeri 1 Tuntang mulai merintis pembelajaran digital. Pengalaman menerapkan pembelajaran digital ini ditularkan ke sekolah lain dalam bentuk pelatihan. Pada Senin (9/12) lalu, sebanyak 30 SMA dari berbagai kota di Jawa Tengah mengikuti kegiatan ini. Antusiasme peserta terlihat dari keseriusan mereka mendengarkan paparan dari narasumber di laboratorium komputer sekolah.

Baca juga:  Mentoring In On In Tingkatkan Pemahaman Guru tentang PTK

Elisabeth Hyun Duhita, guru di SMAN 1 Bojong, Kabupaten Pekalongan mengapresiasi kegiatan ini. “Pembelajaran Digital adalah hal baru bagi kami. Dengan mengikuti kegiatan ini saya termotivasi untuk segera bergerak memulai di sekolah kami, “kata Elisabeth Hyun Duhita.

Peserta lain Amintaningsih dari SMAN 1 Randudongkal,  Kabupaten Pemalang mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini. “Kami memperoleh informasi tentang apa dan bagaimana membuat pembelajaran digital”.

Kepala SMK Negeri 1 Tuntang Ardan Sirodjuddin selaku penggagas kegiatan ini kaget dengan antusiasme peserta. “Saya tidak mengira peminat pelatihan ini luar biasa. Mereka datang dari berbagai kota di Jawa Tengah yang jauh dari sekolah kami. Ini membuktikan bahwa pembelajaran digital sangat diminati oleh sekolah-sekolah. SMKN 1 Tuntang siap menjadi patner sekolah dalam pengembangan pembelajaran digital,” ujarnya. (*/aro)

Baca juga:  112 Guru dan Tenaga Pendidik Ikuti Diklat Materi Ajar Kurikulum Merdeka

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya