alexametrics

Wow, UIN Walisongo Peringkat 3 Terbanyak Jumlah Publikasi Ilmiah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo terus menambah jumlah publikasi jurnal dan karya ilmiah agar menjadi rujukan internasional. Hal tersebut semakin meningkatkan penilaian dan akreditasi kampus menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Rektor UIN Walisongo, Prof Imam Taufiq menuturkan saat ini kampusnya menepati peringkat tiga dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang memiliki jumlah publikasi karya ilmiah terbanyak. Penilaian tersebut berdasarkan situs Webometrics. Situs tersebut memberikan penilaian sejauh mana karya ilmiah milik suatu universitas dipublikasikan dan menjadi rujukan dunia internasional. Dengan peringkat tersebut, pihaknya mengaku bangga dan akan terus menggenjot para mahasiswa untuk dapat membuat karya ilmiah sebelum lulus dari bangku perkuliahan.

Baca juga:  Tukar Sampah dengan Sembako dan Sayuran

“Untuk bersaing dengan seluruh perguruan negeri di Indonesia, kita menepati peringkat 51. Di dunia menepati peringkat 4.359,” katanya ketika memberikan sambutan saat Wisuda UIN Walisongo, Rabu (10/11) kemarin.

Itu merupakan capaian yang sangat baik apalagi dalam pernilaian tersebut diikuti 25 ribu perguruan tinggi se-dunia. Maka dari itu, untuk meningkatkan peringkat tersebut, pihaknya akan memperbaiki berbagai aspek termasuk kualitas lulusan. Dengan begitu, dapat melahirkan karya ilmiah yang menjadi rujukan internasional.

Selain itu, dirinya juga telah mempersiapkan 8 gedung baru seperti planetorium, observatorium dan lainnya guna menambah daya bagi kampusnya dalam mengembangkan riset dan pengetahuan. Harapannya dengan bertambahnya fasilitas dan kualitas yang diberikan, dapat menambah gairah belajar bagi mahasiswa sekaligus mendorong angka akreditasi bagi kampusnya.

Baca juga:  Ribuan Mahasiswa UIN Walisongo Jadi Kader Koperasi

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Mukhsin Jamil menuturkan dengan diwisudanya 607 mahasiswa pada November 2019, saat ini UIN Walisongo telah meluluskan 255 orang doktor, 1.571 orang magister, 35.347 orang sarjana, 1.203 orang ahli madia dan 105 orang ahli muda. Dengan jumlah tersebut, dirinya mengharapkan akan semakin banyak karya yang lahir dari para lulusan. Sehingga tetap membawa kontribusi untuk universitas. “Semoga para lulusan tersebut dapat tetap membawa nama harum dan visi universitas ketika berbaur dengan masyarakat,” pungkasnya. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya