alexametrics

Teknik Sipil Unissula Sapu Bersih Juara

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menyapu bersih seluruh peringkat juara pada kompetisi National Balsa Bridge Cable Stayed yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta belum lama ini. Mengalahkan 11 kompetitor dari seluruh Indonesia, mahasiswa Teknik Sipil Unissula meraih peringkat juara 1, 2, dan 3.

Adalah Muhamad Yusuf Khanafi, Muhammad Prasetiyanto, dan Tri Muliawan, tiga mahasiswa yang memimpin timnya sampai ke podium juara. Bukan hal baru untuk ketiganya mengikuti kompetisi merancang jembatan. Namun, yang berbeda dari kompetisi kali ini ialah mereka dituntut untuk membuat rancangan jembatan seefisien mungkin dari material kayu balsa.

Muhammad Yusuf Khanafi, sang juara pertama mengungkapkan, saat itu rancangan jembatan milik timnya adalah yang paling ringan yaitu dengan berat 110 gram. Namun demikian, rancangan miliknya mampu menahan beban paling tinggi seberat 90 kilogram. “Mungkin itu yang membuat tim kami bisa menang,” ungkap mahasiswa berusia 21 tahun ini.

Baca juga:  Sekolahnya Gamers dan Youtubers

Yusuf juga mengaku, meski bersaing dengan teman sendiri, tak jarang mereka melakukan kerja sama selama proses persiapan. Mereka kerap berkumpul bersama untuk membahas trik, presentasi, dan desain yang akan digunakan. “Kalau dalam hal desain, kami memiliki trik sendri dalam pembuatanya dan itu rahasia. Sehingga walaupun desainnya diplagiat orang lain tapi hasilnya tidak akan bisa maksimal dan sama persis dengan yang kami buat,” terangnya sambil tertawa.

Adapun Muhammad Prasetiyanto, 21, peraih juara kedua, mengaku bahwa pada tahun 2018 lalu, tim yang ia ketuai meraih peringkat pertama pada kompetisi merancang jembatan tingkat Jawa Tengah. Maka kompetisi National Balsa Bridge Cable Stayed ini menjadi pencapaian tertinggi untuknya. (cr4/ton)

Baca juga:  Puluhan Dosen Ikuti English Teacher Training

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya