alexametrics

Semarang Akan Dilewati KA Cepat, Jakarta-Semarang Hanya 3 Jam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Jawa Tengah, utamanya Semarang, akan dilewati kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Proyek nasional ini, kerjasama antara pemerintah RI dengan Jepang. Dengan adanya kereta semi cepat ini, antara Jakarta-Semarang nantinya dapat ditempuh dalam waktu 3 jam saja.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, ini tentu akan mendukung aktivitas niaga ke Jawa Tengah dengan efisiensi waktu yang disediakannya. Saat ini memang sudah ada moda transportasi Jakarta-Semarang. Namun baru pesawat terbang saja yang mampu menyediakan efisiensi waktu.

”Kereta memang sudah ada, tapi belum efisien waktu seperti pesawat terbang. Transportasi ini akan sangat mendukung. Berdasar keterangan Duta Besar (Dubes) Jepang kemarin yang datang ke kami, kereta ini mampu memangkas waktu Jakarta-Surabaya dari 10 jam menjadi 5,5 jam,” jelasnya, Senin (18/11).

Baca juga:  PT Kota Satu Terancam Pailit

”Kalau ini terbangun, saya yakin orang yang akan menuju ke Jawa Tengah untuk melakukan aktivitas perniagaan dan perdagangan akan meningkat,” imbuhnya.
Dikatakan, feasibility study (FS) proyek ini sudah dilakukan sejak September lalu. Diperkirakan pembangunan akan dilakukan tahun 2020 mendatang. Dalam hal ini, pihak Jepang sudah menunjuk sejumlah investor dari perusahaan di sana yang kemudian akan dikerjasamakan dengan BUMN.

Ditambahkannya, agar pengerjaan cepat rampung, rencananya kereta dengan kecepatan rata-rata 160 km/jam ini akan memanfaatkan rel kereta yang sudah ada.

”Kami sambut dengan baik dan secara infrastruktur di beberapa titik di Jawa Tengah sudah layak. Memang ada beberapa titik yang jalur rel kereta apinya harus diperbaiki. Antara Semarang-Brebes yang harus diperbaiki,” jelasnya.

Baca juga:  Hendi Sukses Realisasikan Janji Kembangkan Kota Lama

Pengerjaan proyek kereta semi cepat ini memang akan dilakukan pemerintah pusat. Wagub mengatakan akan menggali lebih lanjut apa yang sekiranya menjadi bagian dari Jawa Tengah untuk turut andil dalam pembangunan ini.

”Nanti kita gali, Jawa Tengah harus melakukan apa. Sudah menjadi tanggung jawab kami untuk mendukung realisasi kereta cepat yang direncanakan pemerintah pusat dan melalui Jawa Tengah. Ini akan menjadi daya tarik dan mampu meningkatkan perekonomian di Jawa Tengah,” ujarnya. (sga/mg9/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya