alexametrics

Di Terboyo Kulon, Sejahterakan Warga dengan Kampung Pancasila

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang bersama Jawa Pos Radar Semarang menggelar Lomba Kampung Hebat 2019-2020 yang sudah berjalan kali ketiga. Lomba tersebut bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dengan adanya konsep bergerak bersama dengan pemerintah.

Kelurahan Terboyo Kulon,Kecamatan Genuk antusias mengikuti Lomba Kampung Hebat. Kelurahan yang terdiri dari 2 RW dan 6 RT ini mendaftarkan wilayah RW 2 di kategori Kampung Pancasila. Warga di wilayah ini telah menerapkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi di kampung tersebut terdapat lokasi wisata religi, Makam Waliyyullah Syekh Maulana Jumadil Kubro. Hampis di setiap hari pasti ada peziarah yang datang di tempat ini. “Harapan saya dengan adanya Kampung Pancasila ini, warga-warga di sini bisa tercukupi perekonomian dan tentunya bisa saling rukun satu sama lain,” ujar Lurah Terboyo Kulon Sulistyandono.

Baca juga:  Pemkot Semarang Beri Kelonggaran secara Bertahap

Tak hanya unsur religi, pihak kelurahan juga memperhatikan infrastruktur di sekitar kawasan tersebut. Misalnya jalan masuk menuju kantor kelurahan dihias dengan taman-taman. Karena lokasi kantor kelurahan tak jauh dari makam Syekh Maulana Jumadil Kubro, taman-taman ini tentu memperindah kawasan wisata religi.

Meski kampung wisata ini letaknya dekat dengan pesisir namun wilayah ini tak pernah sekalipun terkena dampak banjir. “Kalau pada daerah lain kan sering terkena banjir, malah kalau di sini tidak pernah terjadi banjir. Paling-paling cuma terkena rob saja dan tidak jarang disini diadakan peninggian jalan dan peninggian rumah warga,” imbuh salah satu warga Mulyanto. (mg6/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya