alexametrics

Kesadaran Warga  Deteksi Dini Kanker Servis Meningkat, Apa Penyebabnya?

Artikel Lain

RADAR SEMARANG.ID, SEMARANG – Kota Semarang optimistis menjadi juara pada Lomba IVA test tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kota Atlas akan bersaing dengan 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah guna membuktikan menjadi daerah yang memiliki kesadaran tinggi  melakukan deteksi dini kanker serviks.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi menuturkan, tiap tahunnya pasangan usia subur (PSU) di Semarang yang memiliki kesadaran melakukan IVA test kian meningkat. Peningkatan terjadi secara signifikan. Pada tahun 2017 hanya 32,16 persen saja PSU yang melakukan tes. Kemudian pada 2018 naik menjadi 39,4 persen dan tahun ini telah mencapai 50,3 persen atau 135 ribu dari 268 ribu PSU yang telah melakukan tes.

Baca juga:  Memahami Makna Afiat dan Urgensinya di Tengah Pandemi

“Kanker serviks itu penyakit berbahaya yang seringkali terdeteksinya ketika sudah parah dan stadium lanjut. Untuk itu diperlukan IVA test untuk mendeteksi dini. Saya kira angka kesadaran masyarakat kota Semarang untuk melakukan tes tersebut sudah tinggi dan mengalami peningkatan,” ujarnya saat memberi pengarahan Lomba IVA test tingkat Provinsi Jawa Tengah 2019 di Kecamatan Tugu, Jumat (15/11).

Kelurahan Mangkang Kulon ditunjuk untuk mengikuti penilaian lapangan lomba tersebut. Pasalnya tingkat PSU yang memiliki kesadaran melakukan IVA test di daerah tersebut telah mencapai 90 persen.

Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Kota Semarang, Gurun Risyadmoko mengaku siap menunjukkan mekanisme IVA test warga kepada tim penilai dengan program-program yang telah berjalan. Dirinya yakin Semarang khususnya Mangkang Kulon sanggup menjadi juara pada perlombaan tersebut.

Baca juga:  Ketua Dewan Ajak Masyarakat Aktif Bergerak

“Saya lihat Semarang sudah memiliki kebijakan yang baik dengan adanya surat edaran dari wali kota, camat, dan lurah agar PSU yang ada melakukan IVA test. Selain itu dengan hadirnya kepala OPD terkait pada penilaian kali ini juga membuktikan pemerintah konsen untuk mengkampayekan gerakan kesadaran dini kanker serviks,” ujar Ketua Tim Penilai Lomba Condro Rini. (akm/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya