alexametrics

Kali Mberok Kota Lama Akan Dibangun Wisata Perahu

Artikel Lain

RADAR SEMARANG.ID, SEMARANG Menghadapi musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, mengintensifkan pembersihan drainase. Baik dari sampah maupun sedimentasi. Seperti di Kali Semarang. Kondisinya kini bersih dan sedap dipandang.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Drainase DPU Kota Semarang Mochamad Hisyam Ashari mengklaim, di musim penghujan mendatang sudah tidak ada masalah. Pihaknya memastikan pompa bekerja dengan baik. Termasuk kebersihan sungai dari sampah.

“Untuk mengatasi hujan, semenjak ada pompa Kali Semarang yang di kawasan Arteri itu bisa dikatakan aman. Tidak meluap. Sudah diperhitungkan pompa yang dibangun bahwa di posisi pompa Kali Semarang tidak akan menggenangi daerah sekitar. Cuma tinggal mengatur kebersihannya,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang pada Selasa (12/11) sore.

Baca juga:  BPBD Turunkan Petugas Pastikan Status Merapi

Usai mempercantik Kali Semarang, ruas Kampung Pelangi dan ruas SMP Pangudi Luhur hingga Lawang Sewu, saat ini pengerjaan dilanjut ruas belakang balai kota sepanjang 200 meter hingga Jalan Thamrin.

Pihaknya juga akan melakukan pengerukan Kali Semarang di sekitar pintu Taman Kasmaran. “Inysaallah dilaksanakan akhir minggu depan menggunakan alat berat beckhoe,” katanya.

Selain itu, untuk menciptakan Kota Semarang sebagai ikon pariwisata, nantinya di Kali Mberok akan dibangun wisata perahu seperti yang pernah ada. “Di kali itu kan lengkungnya bagus. Diharapkan nanti ke depan untuk wisata perahu,” tambahnya.

Sementara itu, Plt kepala DPU Kota Semarang Sih Rianung menegaskan, menghadapi musim penghujan pihaknya memang telah mengintensifkan pembersihan drainase. Mulai dari saluran sekunder hingga di arah muara. “Kami turunkan petugas dan alat berat untuk mengeruk sedimentasi maupun membersihkan saluran dari sampah. Harapannya antisipasi yang kami lakukan bisa meminimalisir banjir ketika hujan deras. Karena salurannya lancar,” tandasnya.

Baca juga:  Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Semarang Terendam Banjir

Seorang warga, Leli Kurniasari mengapresiasi langkah Pemkot Semarang dalam menjaga kebersihan sungai. “Dulu sebelum dipercantik seperti ini kalinya kotor. Banyak sampah. Kalau sekarang bagus. Saking bersihnya malahan bisa buat foto,” ujarnya. (cr5/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya