alexametrics

30 Pegawai Dinkes Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana

Artikel Lain

RADAR SEMARANG.ID, SEMARANG—Sebanyak 30 pegawai Dinas Kesehatan mengikuti pelatihan Penanggulangan Bencana di Gedung Bertingkat yang berlangsung di halaman gedung Dinkes Jateng, Kamis (14/11). Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan instruktur dari Vertical Resque Indonesia.

“Pelatihan ini merupakan sebagai upaya untuk meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) yang diikuti oleh 30 peserta dari berbagai kota dan daerah di Jateng,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Agus Tricahyono.

Ke depannya, setiap Dinas Kesehatan kabupaten dan kota akan membentuk unit rescue. Harapannya mereka bisa mengantisipasi bila terjadi bencana yang menimpa gedung perkantoran bertingkat

Komandan Vertical Resque Indonesia Tedi Ixdiana mengatakan, apabila menghadapi bencana kebakaran ataupun gempa saat berada di gedung tinggi, hendaknya masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang agar bisa menyelamatkan diri. Dengan tidak panik, maka masyarakat bisa berpikir untuk menemukan jalur evakuasi.

Baca juga:  Sembilan Jalan Dibuka Setiap Senin dan Kamis

Peserta berlatih penyelamatan secara bertahap. Mulai dari ketinggian dua meter kemudian meningkat sampai batas akhir yang tertinggi. “Jadi tidak secara langsung di tingkat yang tertinggi tetapi mulai dari yang terendah kemudian meningkat ke yang tertinggi agar mereka itu tidak takut. Selama ini mereka (peserta) membayangkan yang tertinggi sehingga mereka takut dengan ketinggian,” tambahnya. (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya