alexametrics

21 Kota/Kabupaten di Jateng Gelar Pilkada, Bawaslu Libatkan Mahasiswa

Artikel Lain

RADAR SEMARANG.ID, SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah mengajak mahasiswa terlibat langsung dalam pengawasan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada). Langkah tersebut sebagai upaya untuk menjaga agar pelaksanaan pemilu berjalan transparan, jujur dan adil.

Peran mahasiswa dalam pemilu dapat diterapkan dalam pengawasan partisipatif. Pihaknya juga mengajak masyarakat menjadi pengawas. Kalau mahasiswa mau bergerak dan mengajak masyarakat awasi pemilu akan menjadi lebih bermakna.

“Mahasiswa memiliki andil yang cukup besar dalam menyukseskan Pemilukada serentak 2020,” kata Komisioner Bawaslu Jawa Tengah, Rofiuddin dalam sosialisasi pengawasan partisipatif kemarin.

Ia menambahkan, di Jateng akan ada 21 daerah yang menggelar pemilukada serentak. Semakin banyak yang terlibat dalam pengawasan, tentu akan bisa mencegah dan meminimalisir terjadinya kecurangan. “Masyarakat juga harus terlibat langsung, agar pengawasan lebih maksimal. Semua harus terlibat demi lancarnya pemilu di Jateng,” tambahnya.

Baca juga:  Cadangan Pilkada Disepakati Rp 30 Miliar

Dosen FISIP UIN Walisongo, Solkhah mengatakan, peran mahaiswa memang cukup besar untuk bisa mengawal pemilukada. Ia menambahkan, sudah melibatkan langsung 73 mahasiswa yang mengikuti KKN Reguler. Mereka bisa memberikan edukasi terhadap masyarakat dalam mengawasi pemilu. “Ini harus terus didukung, dengan keterlibatan mahasiswa akan membuka kran transparansi pemilukada. Sehingga bisa meminimalisir kecurangan,” katanya. (fth/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya