alexametrics

Pilwalkot Semarang, KPU: Tak Ada Pemilih Tambahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Berbeda dengan pemilihan umum (Pemilu) sebelumnya, yang menerima pindah pemilih atau A5. Pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) mendatang tidak ada A5 atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTB).

Menurut Ketua KPU Kota Semarang, Henry Cassandra Gultom mengatakan bahwa A5 dalam pemilu adalah pindah memilih antarkecamatan. “Yang pasti tidak seribet pemilu lalu, A5 mencapai 17 ribu. Itu kan luar biasa untuk mengakomodasikannya. Sedangkan surat suara tidak ada tambahan. Sesuai undang-undang, hanya 2 persen dari jumlah DPT di TPS tersebut,” kata Anggota KPU Jateng, Diana Ariyanti dalam sambutan Launching Pilwalkot Semarang tahun 2020 di Gedung Balaikota pada Rabu (13/11) kemarin.

Ia mengatakan Kota Semarang di Pemilu 2019 termasuk yang paling banyak pengguna A5. “Saya kira ini perlu diperhatikan dalam proses pelakasanaan data pemilu. Untuk itu, kesadaran mengecek data pemilu di lingkungan masing-masing perlu disosialisasikan dan dilaksanakan secara masif oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Baca juga:  Pedagang Johar masih Ogah Pindahan, Dewan Desak Disdag Bertindak

Ia juga menambahkan dalam waktu dekat agenda terdekat untuk kesuksesan Pilwalkot, ada tiga hal. Yaitu, pertama, pembuatan badan adhoc KPU, kaitannya ada 16 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 77 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Kelurahan. Ini akan dibuka pendaftaran yang dibentuk di TPS. Kedua, pemutakhiran data pemilu. Ketiga, pelaksanaan pencalonan.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu sendiri mengaku tahapan pemilu sudah dilakukan DPC PDIP. Namun tahapan berikutnya, belum ada lagi. Masih menunggu arahan dan kebijakan dari partai. “Sebenarnya kalau pendaftaran masih Juni 2020. Tapi launching ini dipercepat karena jalur perseorangan atau calon Pilwalkot independen kan November ini. Ini lebih sulit, karena harus mengumpulkan 76 ribu KTP dan 9 kecamatan di Kota Semarang,” tandasnya. (cr5/ida)

Baca juga:  Wali Kota Hendi Ingin UMKM Semarang Lebih Diekspos

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya