alexametrics

Latih Warga Buat Sabun Herbal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tim Pengabdi jurusan Kimia Unnes belum lama ini melakukan sosialisasi implementasi hygiene diri dan sanitasi lingkungan. Terutama masyarakat desa atau warga pinggiran yang sangat jauh dari layanan kesehatan dan kurang mampu. Hal ini dalam upaya mendukung program Kemenkes RI, yakni Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Sasaran sosialisasi kali ini adalah warga Kelurahan Kalisegoro, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Dosen Farmasi, jurusan Kimia FMIPA Unnes, Willy Tirza Eden M.Sc Apt mengatakan bahwa pekarangan warga yang luas selama ini hanya ditumbuhi tanaman obat seperti sirih hijau dan sereh wangi. Namun sayang, hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur atau sekedar dijual di pasar tanpa nilai tambah.

Baca juga:  Pengembangan Vaksin Nusantara Dihentikan, Ini Kata RSUP dr Kariadi

“Berangkat dari kondisi inilah, kami menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat PPM Kalisegoro melalui Penyuluhan Hygiene dan Sanitasi serta Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal Transparan,” kata Willy ini.

Puluhan ibu-ibu penggerak PKK Kelurahan Kalisegoro cukup antusias mengikuti penyuluhan dan pelatihan membuat produk sabun herbal transparan berbahan dasar minyak sereh wangi yang telah diekstraksi dari daun sereh.

“Melalui pelatihan ini, warga bisa langsung membuat sabun herbal, termasuk kami mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik dan benar melalui tujuh langkah cuci tangan,” imbuh Willu Tirza Eden.

Dalam kesempatan itu, tim pengabdi melakukan demonstrasi menggunakan metode audio-visual sehingga peserta pelatihan lebih memahami dan mendiseminasikan ke khalayak yang lebih banyak.

Baca juga:  Jateng Tangkap Peluang Industri

Sementara itu, menurut pendamping kegiatan, Dante Alighiri S.Si M.Sc, masyarakat yang sudah sadar akan kesehatan dirinya, pasti akan sadar akan kesehatan lingkungan dan keluarga.

“Setelah ini, warga yang telah dilatih untuk membuat sabun, mampu meningkatkan taraf hidupnya dengan menjual sabun, sehingga selain menguntungkan, tubuhnya juga ikut sehat,” kata Dante Alighiri. (sls/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya