alexametrics

Siapkan Rp 5,4 Miliar untuk Sekolah Swasta

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang siapkan Rp 5,4 miliar untuk bantuan sekolah swasta gratis pada 2020. Dana tersebut untuk membiayai sejumlah sekolah swasta mulai tingkat TK, SD hingga SMP.

Kepala Disdik Kota Semarang, Gunawan Sapto Giri menuturkan, pada tahun 2020 nanti beberapa sekolah swasta akan mendapat Bosda (Bantuan Operasional Sekolah Daerah). Nantinya dana tersebut akan dibagi untuk 6 TK, 13 SD dan 10 SMP swasta. Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan baik guna membantu siswa swasta kurang mampu.

“Yang kita gratiskan untuk sekolah swasta menengah ke bawah. Sebab kalau untuk sekolah yang sudah menengah ke atas biasanya tidak membutuhkan bantuan. SPP-nya saja sudah tinggi. Biasanya mereka tidak mau menerima bantuan dengan biaya APBD. Selain itu indikator lain yakni sekolah tersebut memang berada pada lingkungan yang memiliki jumlah warga miskin banyak. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk pendidikan mereka,” ujarnya Rabu (6/11).

Baca juga:  Diduga Cemari Sungai Silandak, Pemkot Semarang Minta PT Alutama Tutup Dulu

Dirinya menambahkan, untuk pembagian Bosda TK swasta akan diberikan anggaran sebesar Rp 360 juta, SD/MI swasta sebesar Rp 3,15 miliar dan SMP/Mts swasta Rp 1,89 miliar.
Sementara itu, Pengamat Pendidikan dari PGRI Jateng, Ngasbun Egar mengapresiasi adanya bantuan tersebut. Pihaknya mengingatkan agar pemerintah dapat menjelaskan dengan bijaksana terkait kebijakan tersebut. Sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar sekolah yang mendapatkan dan tidak mendapatkan bantuan. Selain itu persyaratan yang ditetapkan juga harus jelas. Sehingga penggunaan dana tersebut dapat tepat sasaran kepada yang membutuhkan.

“Bantuan ini tentu bagus. Karena dapat membantu pembiayaan siswa kurang mampu di sekolah swasta. Namun perlu diingat juga agar pemerintah bisa menjelaskan dengan jelas bantuan ini. Jangan sampai menimbulkan kecemburuan antar siswa dan sekolah yang mendapatkan. Sehingga niat baik yang seharusnya bermanfaat malah menjadi tidak baik jika tidak bijaksana dalam menjalankan,” pungkasnya. (akm/zal)

Baca juga:  Semarang Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Bulan Juli

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya