alexametrics

IUMK Mudahkan UMKM Kembangkan Usaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Semarang telah menembus angka 17.010 unit. Karena itu, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang terus berupaya menambah jumlah tersebut. Salah satunya dengan menggunakan program I Jus Melon (Izin Usaha Melalui Online) jilid 2.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Bambang Suronggono menuturkan bahwa dengan kapasitas dan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya, semakin mempermudah para pelaku usaha untuk mendaftar izin dari aplikasi sebelumnya. Sehingga semakin banyak pelaku UMKM Semarang yang terhimpun dalam data pemerintah.

“Dengan mendaftar, akan mendapatkan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). Jika sudah memiliki IUMK, akan mendapatkan kemudahan dalam pengembangan usaha seperti pemberian program pelatihan, pemasaran, promosi dan bantuan modal murah. Dengan bantuan tersebut kami harapkan kelangsungan usaha pelaku UMKM dapat terjamin dan semakin berkembang,” ujarnya.

Baca juga:  Erick Thohir: Pemberdayaan UMKM BRI Jadi Lokomotif Ekonomi Pro-Rakyat

Atas kebijakan tersebut, Wakil International Council Small Business (ICSB) Indonesia Cabang Kota Semarang, Shanaz Nadya mengapresiasi langkah pemerintah yang gencar membantu pertumbuhan UMKM di Semarang. Pihaknya mengajak para pelaku UMKM untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan guna membantu mengembangkan usaha mereka.
Kendati begitu, pihaknya mengingatkan pelaku UMKM bahwa pemerintah tidak dapat bergerak sendiri. Tapi membutuhkan bantuan para pelaku UMKM untuk memajukan perekonomian Semarang.

“Saya sebagai pelaku UMKM terus belajar. Fasilitas yang diberikan pemerintah saya gunakan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha. Saya harap pelaku UMKM yang lain bisa memanfaatkan hal tersebut. Sehingga semakin banyak UMKM Semarang yang maju dan secara tidak langsung berimbas pada naiknya tingkat kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (akm/ida)

Baca juga:  Simak, Ini Tips dari BRI Agar Pelaku UMKM Bisa Sukses Sejak Awal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya