alexametrics

Relokasi Tunggu Kajian Akademis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Rencana relokasi SMPN 16 Semarang sampai saat ini belum jelas. Proses penggatian lahan masih abu-abu. Masih dilakukan kajian akademis oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri melalui Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Sutarto mengatakan jika pihak Jasa Marga tidak bisa serta merta memberikan ganti rugi kepada SMPN 16 Semarang yang hampir separo lahannya terkena imbas pembangunan jalan tol Semarang-Batang.

“Pihak pengembang ini perlu payung hukum. Agar ganti rugi lahan SMPN 16 tidak menjadi masalah. Saat ini sedang dilakukan kajian akademis,” katanya Senin (4/11).

Pihaknya menggandeng guru besar dari salah satu universitas di Semarang untuk melakukan kajian dari segi kesehatan, kenyamanan, tingkat polusi udara, dan tingkat kebisingan.  “Saat ini baru dikaji. Jika nanti dari segi kajian tidak layak akan kami komunikasikan lagi dengan Kementerian Pendidikan,” ujarnya.

Baca juga:  Satpol PP Ratakan 15 Lapak Liar di Ngaliyan dan Mijen

Jika memang hasil kajian dinyatakan tidak layak, lanjut dia, dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, diminta untuk memberikan rekomendasi relokasi. Setelah rekomendasi ini turun, baru pengembang jalan tol Semarang-Batang bisa melakukan ganti rugi lahan.

“Atuarannya memang begitu. Mereka takut salah jika lahan SMPN 16 dilakukan ganti rugi namun tidak bisa terpakai. Dengan kajian dan rekomendasi ini, bisa dijadikan dasar hukum dan mereka siap memberikan ganti rugi,” jelasnya.

Disinggung informasi tentang sudah adanya lahan pengganti yakni di samping Pizza Hut Ngaliyan. Tepatnya di depan Perumahan Permata Puri, Sutatro tidak bisa berbicara banyak. Ia mengaku memang sudah ada alternatif. Nantinya Kepala Dinas Pendidikan yang akan memberikan keputusan.

Baca juga:  Penggembala Kambing Raih Beasiswa Studi Lanjut

“”Harus melihat kemampuan anggaran juga. Kalau harus persis dengan luasan sekolah sebelumnya, takutnya malah jadi problem. Standart sekolah baru nantinya juga akan dipertimbangkan,” bebernya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya