alexametrics

Rekam Data KIA Baru 33 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Rekam data Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Semarang hingga awal November ini baru 33 persen dari 443 anak yang wajib KIA.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Adi Trihananto

mengatakan, beberapa upaya sudah dilakukan untuk mendorong kepemilikan KIA. “Kami menawarkan kerja sama ke beberapa vendor untuk pemberian diskon (pemilik KIA). Mulai dari BRT, toko buku, tempat kursus, dan tempat rekreasi,” ujar Adi Senin (4/11).

Kerja sama juga ditawarkan untuk rumah sakit maupun rumah bersalin. Dengan menawarkan paket persalinan mendapat KIA. Sejauh ini telah bekerja sama dengan RS Hermina, RSUD KRMT Wongsonegoro, Pantiwiloso, Telogorejo, dan RS Roemani. Ke depan Dispendukcapil juga akan menggandeng Ikatan Bidan Indonesia untuk memberikan paket KIA. “Sehingga nanti jika anak lahir bisa diberikan KIA. Tentu akan menambah capaian program KIA,” imbuhnya.

Baca juga:  Cek Tes IVA lewat Apel Cantik

Termasuk bekerja sama dengan satuan pendidikan. Melalui Dinas Pendidikan sebelum libur semester beberapa waktu lalu, sudah diberikan imbauan untuk mengurus KIA melalui sekolahan. “Itu beberapa sekolahan sudah melakukan. Jika ada warga yang hendak mengurus secara kolektif maka kita layani,” tuturnya.

Sebenarnya untuk blangko KIA di Kota Semarang tidak pernah ada keterlambatan atau kekurangan. Namun memang KIA bersifat tidak wajib. Sehingga banyak masyarakat yang menganggap tidak penting. “Meski tidak bisa mencapai target RPJMD 100 persen, tetapi angka itu menjadi perhatian kita untuk dikejar. Satu-satunya target Dispendukcapil yang belum tercapai itu (KIA),” katanya.

Seperti diketahui, KIA diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Berdasarkan Permendagri Nomor 2/2016 Tentang KIA, KTP anak ini terdiri dari 2 jenis. Untuk usia 0 sampai 5 tahun dan usia 5 sampai 17 tahun. (ewb/zal)

Baca juga:  Temukan Transaksi Jual Beli Tanah, BPHTB Tak Sesuai Fakta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya