alexametrics

Tambah Pokdarwis, Tingkatkan Pendapatan Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Sebanyak 17 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengikuti Pameran dan Lomba Pokdarwis se-Kota Semarang tahun 2019. Mereka memamerkan promosi wisata andalan masing-masing yang dapat menarik minat wisatawan berkunjung ke daerahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Indriyasari menuturkan saat ini Kota Semarang sedang gencar mempromosikan pariwisata untuk menambah pemasukan daerah. Karena itu, pihaknya rutin memberikan dorongan untuk pemberdayaan Pokdarwis sebagai kader promosi mengenalkan pariwisata Semarang. Termasuk mengadakan pameran dan lomba untuk memamerkan potensi wisata daerah masing-masing. Hingga saat ini, Kota Atlas tercatat telah memiliki 50 Pokdarwis yang tersebar di seluruh kecamatan.

“Alhamdulillahnya setiap tahun prestasi pokdarwis selalu meningkat. Tahun lalu hanya ada 8 Pokdarwis, sekarang meningkat menjadi 17 Pokdarwis. Kami terus genjot agar jumlahnya semakin dan memiliki desa wisata sendiri. Tentu potensi kenaikan pendapatan daerah juga meningkat,” ujarnya ketika membuka lomba Pokdarwis di Puri Maerokoco, Minggu (3/11) kemarin.

Baca juga:  Objek Wisata Segera Dibuka, Tapi Khusus untuk Warga Kendal

Hingga saat ini, imbuhnya, pihaknya telah berhasil mencapai 80 persen dari  target 7,2 juta kunjungan wisatawan yang dicanangkan pemerintah. Harapannya dengan adanya Pokdarwis, target tersebut dapat terlampui hingga akhir tahun nanti.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim berkomitmen membantu Pemkot memajukan pariwisata Kota Semarang. Termasuk dalam bidang anggaran yang diperlukan. “Kami tidak akan menyulitkan pemerintah untuk kemajuan bersama. Saya harap dengan adanya sinergi legislatif dan eksekutif, pariwisata Semarang semakin maju dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kota Semarang,” pungkasnya. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya