alexametrics

Ribuan Mahasiswa Unnes Cairkan Dana Bidikmisi

Larang Kirim Dana Bidik Misi ke Orang Tua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANGSebanyak 1.406 mahasiswa baru Universistas Negeri Semarang (Unnes) tahun 2019, menerima pencairan uang bidikmisi, di Bank BTN Unnes, Jumat (1/11) kemarin. Pencairan dana tersebut dijadwalkan selesai pada Senin (4/11) besok.

Menurut Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unnes, Angga Wisnu, tiap mahasiswa akan menerima Rp 4.2 juta per semester. Namun uang tersebut ditransfer tiap bulan sebesar Rp 700 ribu per mahasiswa. “Dana beasiswa ini naik Rp 100 ribu dibanding tahun 2018 lalu yang hanya Rp 600 ribu. Kemudian naik lagi menjadi RI 650 ribu. Tapu kini jadi Rp 700 ribu,” katanya.

Sedangkan Kepala UPT Humas Unnes, Burhanudin menegaskan bahwa pihaknya sengaja mengingatkan agar uang bidikmisi tersebut tidak disalahgunakan, tidak dikirim kan ke orang tuanya masing-masing di rumah. Misalnya untuk mengangsur kredit. “Jika memang memiliki niat meringankan beban orang tua, bisa menggunakan sebagian uang bidikmisi untuk membayar kos,” katanya menyontohkan.

Baca juga:  Guru Besar Undip Terus Bertambah

Menurutnya, uang beasiswa Bidikmisi dimaksudkan untuk membantu mahasiswa yang secara ekonomi tergolong kurang mampu tapi berprestasi. Sehingga perlu mendapatkan dukungan selama proses belajar di kampus.

“Kami mengimbau kepada para penerima Bidikmisi untuk memprioritaskan beasiswa tersebut untuk memfasilitasi diri. Misalnya untuk membeli buku referensi dan alat tulis, agar dapat meningkatkan pengetahuan keilmuan,” harapnya.

Selain itu, imbuhnya, dapat dimanfaatkan untuk membeli alat-alat pendukung kuliah, misalnya laptop. “Bukan berarti kami melarang atau membatasi. Tidak masalah jika digunakan untuk membeli kuota internet. Jika memang itu untuk mendukung peningkatan wawasan mereka,” tambah Burhan.

Sementara itu, staf kemahasiswaan pengelola beasiswa, Arif Nuryanto menyebut kuota Bidikmisi Unnes untuk mahasiswa baru tahun 2019 sebanyak 1.406 mahasiswa. Ia mengklaim bahwa dana Bidikmisi Unnes sudah tepat sasaran.

Baca juga:  Rambo 4294 Bidik Juara Umum

“Kami yakin tepat sasaran. Sekarang semua sudah canggih. Kami menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga acuan. Sebab, NIK itu sudah terhubung dengan data di Kementerian Sosial. Itupun kami tetap mengirim tim yang melibatkan mahasiswa untuk survei,” katanya. (cr1/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya