alexametrics

Bergerak Bersama Bersihkan Saluran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Kelurahan Karangayu Kecamatan Semarang Barat terus berbenah untuk mengikuti Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Pihak kelurahan sudah mendaftarkan RW 3 untuk kategori Kampung Kreatif dan Inovatif serta RW 5 di Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. Dipilihnya kampung tersebut tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan di antaranya dengan mengundang tokoh masyarakat setempat untuk menentukan kriteria apa yang cocok.

“Memang yang menentukan itu bukan secara pribadi tetapi melalui kesepakatan bersama. Dan di lokasi tersebut memang sudah pas karena berbagai kriteria penunjang juga sudah sesuai,” kata Lurah Karangayu Sutarti, Minggu (3/11).

Di tempat tersebut, untuk mewujudkan kriteria lomba tidak terlalu banyak membutuhkan biaya. Karena warga selama ini memang sudah sering kerja bakti.

Baca juga:  Sajikan Teror Pembajakan Kapal Penuh Komedi

Seperti yang dilakukan kemarin. Ratusan warga melakukan kerjabakti masal membersihkan saluran yang terletak di Jalan Damarwulan. Kerja bakti tersebut dilakukan karena saluran tersebut sudah terjadi pendangkalan yang dikhawatirkan bisa menimbulkan banjir. Tak hanya diikuti warga di kampung yang ikut Lomba Kampung Hebat, warga di RW lain juga turut bergerak bersama.

Saluran Damarwulan ini terletak di pinggir rel yang kondisinya sangat kumuh. Selain kotor dan banyak tumpukan sampah juga terjadi pendangkalan sehingga dilakukan pengerukan secara manual. Dua truk dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang juga dikerahkan untuk membantu warga.

“Alat berat tidak bisa masuk karena tidak ada akses sehingga perlu dilakukan gotong-royong untuk membersihkan saluran itu,” katanya.

Baca juga:  Begal Payudara Beraksi di Sendangmulyo, Tertangkap dan Sempat Diamuk Massa

Menurutnya, Lomba Kampung Hebat yang digagas Jawa Pos Radar Semarang ini dapat memacu warga untuk menjadi yang terbaik. Selain itu, warga menjadi disiplin dalam membangun dan menata wilayahnya menjadi lebih baik lagi. (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya