alexametrics

Perjalanan KA Berubah Jadwal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai 1 Desember akan mengalami perubahan jadwal keberangkatan kereta api (KA). Termasuk di wilayah Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang.

Perubahan grafik perjalanan KA (Gapeka) diambil melalui  Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang menjelaskan, perubahan Gapeka baru ini, menggantikan Gapeka sebelumnya yang dibentuk tahun 2017. Gapeka baru disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan KA.

“Selain peruabahan jadwal kerbeangkatan, ada juga perubahan waktu tempuh dan perpanjangan relasi KA dalam Gapeka tahun ini,” katanya.

Total ada 82 perjalanan  KA yang mengalami perubahan mulai Desember mendatang. Nantinya penggunaan Gapeka ini, akan memengaruhi jadwal perjalanan KA, waktu tempuh perjalanan, perpanjangan relasi KA, dan hadirnya KA baru.

Baca juga:  Undip Tambah Tiga Guru Besar

“Akan ada tiga KA baru, diantaranya Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen PP. Sancaka Utara relasi relasi Surabaya Pasar Turi – Gambringan – Solo Balapan – Kutoarjo PP. Dan Argo Cheribon relasi Pemalang – Gambir dan Tegal – Pemalang,” bebernya.

Pada Gapeka tahun ini, contohnya adalah KA Argo Bromo Anggrek relasi Gambir – Surabyaa Pasar Turi, akan berangkat lebih awal sekitar pukul 13.54 dari sebelumnya 15.09. Selain itu KA Harina dari Surabaya Pasar Turi- Bandung, berangkat lebih lambat pada 21.12 dari Semarang dari sebelumnya 20.57. “Selain itu, juga ada pengurangan waktu tempuh, misal KA Brantas relasi Blitar – Pasar Senen, perjalanan dikurangi 54 menit,” tambahnya.

Baca juga:  Syawalan, Warga Pedurungan Tengah Bagikan Kupat

Juga ada perpanjangan relasi tiga KA yang ada diwilayah Daop 4. Diantaranya KA Menoreh sebelumnya Semarang Tawang – Pasarsenen PP kini menjadi Semarang Tawang – Jakarta Kota PP. Serta KA Kaligung pemberangkatan paling awal sebelumnya hanya Semarang Poncol – Brebes PP. Kini diperpanjang menjadi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan PP. “Untuk KA Argo Cirebon, sebelumnya dari Tegal kini akan diperpanjang keberangkatannya sampai Pemalang,” jelasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya