alexametrics

UKM Rebana Upgris Juarai Festival Salawat Jawa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,  SEMARANG – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) Rebana Nurul Assatid Universitas PGRI Semarang (Upgris). Mereka berhasil menyabet juara 1 Festival Salawat Jawa ke-2 tingkat Nasional pada 26 Oktober 2019 lalu di Yogyakarta.

Lewat persiapan yang matang, UKM Rebana Nurul Assatid mampu mengalahkan 8 grup rebana pesaing. Festival yang diselenggarakan oleh Majelis Ta’lim Darul Hasyimi bekerja sama dengan Keraton Yogyakarta ini merupakan ajang bergengsi yang sudah mereka incar sejak setahun yang lalu.

Tak heran jika mereka mampu menjadi juara, UKM yang berdiri sejak tahun 2000 ini memiliki ciri khas tersendiri dalam penampilannya. Tak seperti peserta lain, mereka menggabungkan instrumen klasik dengan instrumen modern seperti bass, keyboard, dan gitar.

Baca juga:  Hendi-Ita Siapkan Delapan Program Unggulan, Salah Satunya Semarang Smart Card

Irvan Mahendra, 22, selaku ketua sekaligus manajer mengungkapkan bahwa anggota UKM Rebana Nurul Assatid akan terus berinovasi supaya bisa mengikuti jejak para alumni yang tak pernah absen menorehkan prestasi setiap tahun. “Kita (UKM rebana: Red) tahun ini juga menang Juara Harapan 2 Best Perform Tingkat Jawa Tengah di Pondok Pesantren Darul Mustofa, Jepara,” papar pria yang biasa disapa Irvan itu kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (31/10).

Zaim Setiawan, 20, seorang anggota mengungkapkan kendala yang saat ini mereka hadapi adalah belum tersedianya studio untuk latihan. Setiap hari mereka masih menggunakan basecamp yang tak berukuran luas untuk latihan. Selain itu, mereka juga memerlukan sound system baru untuk menunjang penampilan. Rencana mendatang, UKM Rebana Nurul Assatid akan merilis album musik secara mandiri. (cr4/zal)

Baca juga:  Tarif BRT Trans Semarang, Bayar Tunai Rp 4.000, Cashless Rp 3.500

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya