alexametrics

Toleransi Tinggi dalam Keberagaman

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Warga RW 04 Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur siap menang dan siap kalah dalam Lomba Kampung Hebat 2019-2020. Namun, bukan berarti mereka tidak mengharapkan kemenangan. Sebagai peserta, mereka hanya berupaya semaksimal mungkin menampilkan dan memanfaatkan potensi yang ada di kampung.

Dalam kompetisi yang digelar Jawa Pos Radar Semarang dan Pemkot Semarang ini, mereka memilih kategori Kampung Pancasila. “Di sini ada gereja. Pondok pesantren, asrama mahasiswa Papua. Juga ada beberapa surau dan dua masjid. Masjid itu pun berbeda keyakinan ibadahnya. Tetapi kami bisa hidup berdampingan dengan damai dan saling menghormati. Hanya itu modal kami,” ujar Ketua RW 04 Kelurahan Sampangan Ramelan.

Baca juga:  Rebana Ponpes Iringi Paduan Suara Natal

Ramelan menambahkan, di kawasan RW 04 Sampangan terdapat dua perguruan tinggi, yakni Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. Mahasiswa di dua perguruan tinggi itu berasal dari berbagai daerah di nusantara. Hal itu menambah keragaman warga. “Toleransi tinggi tergambarkan bertahun-tahun. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya konflik SARA di sini, bahkan saat meledaknya kasus SARA pada mahasiswa Papua beberapa waktu lalu. Padahal, warga di sini sangat beragam. Ini yang membuat kami punya harapan menang meski sangat mungkin kalah,” tegas Ramelan.

Selain menguatkan keragaman dan toleransi, RW 04 Sampangan juga membenahi fisik dan operasional pos ronda. Mereka memaknai pos ronda sebagai simbol gotong royong menjaga keamanan. Agar tambah menarik, mereka mewarnai dinding pos ronda dengan warna-warna yang cerah.

Baca juga:  Overstay, Dua Warga Nigeria Dideportasi

“Di tiap RT, kami punya pos ronda. Di RT 05, pos rondanya sedang direnovasi. Semua dibangun dengan swadana warga. Artinya, kami benar-benar memperhatikan gotong royong dalam hal keamanan. Kami berharap, ini dapat menjadi pertimbangan penilaian juri nanti,” jelas Ramelan.

Sementara itu, Sudarno, warga RT 05 RW 04 siap mendukung kegiatan persiapan lomba. Menurutnya, itu adalah kegiatan positif yang harus dipertahankan. “Semoga ini akan terus berlanjut. Agar solidaritas warga makin kuat. Bukan hanya saat persiapan menghadapi lomba saja,” kata Sudarno. (cr1/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya