alexametrics

Perkonomian Pengaruhi Bisnis Perbankan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG Perkonomian Jawa Tengah (Jateng) yang terus melami pertumbuhan, ternyata berpangaruh pada bisnis perbankan. Citibank misalnya, mencatatkan pendapatan sebesar US$ 800 ribu pada semester pertama lalu.

Branch Business Manager Citibank Semarang Dwi Laningsih mengatakan, tren perkonomian yang positif ini khususnya di Jateng, membuat Citibank Semarang pada semester pertama mencatatkan pendapatan sebesar US$ 800 ribu.

“Capaian ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi. Selain itu pertumbuhan kredit dengan perekonomian yang positif seperti ini juga akan mengalami peningkatan, kami targetkan sampai akhir tahun akan ada pertumbuhan sebesar 20 persen,” katanya saat ditemui di kantor Citibank, Jalan Pahlawan Semarang kemarin.

Tahun lalu, lanjutnya, pertumbuhan kartu kredit Citibank di Jateng hanya berkisar 5 persen sampai 10 persen. Dalam mendongkrak pendapatan pihaknya menyasar nasabah dengan pelayanan prioritas (Citigold) dengan minimum saldo Rp 1 miliar. “Ekonomi di Jateng yang tumbuh pesat di Semarang dan Solo, menjadi sasaran kami juga,” tambahnya.

Baca juga:  Berencana Buka Bank Syariah

CEO Citibank Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, kinerja keuangan pada semester I 2019 Citibank membukukan laba bersih Rp 1,6 triliun, meningkat 97 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.  “Kinerja perbankan pada semester pertama juga mengalami pertumbuhan yang positif,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pertumbuhan laba bersih di Citibank memberikan kontribusi pada peningkatan Return on Equity (ROE) menjadi 20,14 persen, meningkat dari 10,31 persen pada semester I 2018 dan Retun on Asset (ROA) menjadi 4,97 persen, meningkat dari 2,88 persen di periode yang sama tahun lalu. “Di sisi lainnya, kita juga memberikan CSR berupa Citi Peka (Peduli dan Berkarya), memberikan dukungan kepada pengusaha UMKM di wilayah Semarang, Jawa Tengah, melalui pemberian donasi,” tambahnya.

Baca juga:  Perbankan Masih Kondusif, Relaksasi Kredit Diminta Prioritaskan Debitur Terdampak Covid-19

Salah satu donasi yang disalurkan adalah kepada yayasan Al Ikhlas Al Asyariyyah, Semarang senilai Rp 30 juta. Donasi tersebut, lanjut Batara digunakan untuk program penguatan serta pembederayaan ekonomi bagi pelaku UMKM. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya