alexametrics

RT-RW Karangturi Sambut Kampung Hebat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Lomba Kampung Hebat yang digagas oleh Jawa Pos Radar Semarang bersama Pemerintah Kota Semarang membuat warga lebih semangat dalam beraktivitas. Termasuk di Kelurahan Karangturi Kecamatan Semarang Timur. Sejumlah tempat yang dulunya kumuh, kini mulai tertata. Warga juga semakin guyub dan rukun.

Lurah Karangturi Hindun menjelaskan, secara bergotong royong warga telah membersihkan sungai dari RW 1 sampai RW 5. Program open defecation free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan juga telah dicanangkan. “Warga ingin lingkungan yang sehat dan bisa menghirup udara segar,” tuturnya.

Pihak kelurahan juga memiliki program agar kampung bebas dari minuman keras. Seperti banyak diketahui, mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan seringkali menimbulkan masalah. Sejumlah lokasi publik dijaga agar jangan sampai menjadi tempat pesta miras.

Baca juga:  Ada Penyerahan Uang ke Ali Rifai

“Tempat ini sebenarnya pusatnya karena setiap warga itu baik muda maupun tua sering meminum minuman keras. Sehingga dengan menegur beberapa orang agar meminum minuman keras jangan di tempat ini,” tambahnya.

Menurut Hindun, Lomba Kampung Hebat menjadi salah satu pemicu kegiatan Pemkot untuk menggerakkan warganya melalui kegiatan positif. Ketika ia menyampaikan bahwa lomba ini kembali digelar untuk ketiga kalinya, warga yang tergabung dalam Forum RT RW memberikan tanggapan positif. “Karena warga itu selalu diingatkan terus dan mempertahankan, itu sulit. Tetapi kalau dilakukan secara rutin dan ini diingatkan terus tentunya akan memicu kegiatan warga kami,” imbuhnya.

Bahkan sejak diumumkan Lomba Kampung Hebat siap digelar, saat ini warga sudah melakukan pengecatan dan memasang umbul-umbul . Mereka mengubah kampung yang semula kumuh menjadi tidak kumuh. Dorongan dari berbagai pihak membuat warga terus bersemangat menciptakan lingkungan kampung yang bersih, hijau dan sehat.  “Warga sangat bersemangat ketika diumumkan ada Lomba Kampung Hebat sehingga warga berusaha untuk mempercantik kampungnya,” paparnya.

Baca juga:  Toleransi Tinggi dalam Keberagaman

Salah satu yang dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi bergengsi antarkampung ini adalah RW 3 untuk kategori Kampung Bersih, Hijau dan Sehat. Di wilayah ini memiliki kelompok tani yang menerapkan pertanian perkotaan. Selain itu ada taman ramah keluarga yang dilengkapi dengan wifi. Di sore hari, taman ini jadi ajang berkumpul warga. (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya