alexametrics

Rumput Sintetis Stadion Citarum Berstandar FIFA

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Stadion Citarum terus dipercantik. Stadion aset Pemkot Semarang itu direhab total. Tribun penonton sudah dibangun representatif. Kini, giliran lapangannya yang dipugar. Rumput lapangan dibuang. Diganti rumput sintetis berstandar FIFA.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang Irwansyah menuturkan, stadion milik Pemerintah Kota Semarang ini nantinya bakal menjadi satu-satunya dan pertama lapangan sepak bola yang menggunakan rumput sintetis standar FIFA.

Dikatakan, pengerjaan stadion tersebut sampai sekarang masih terus berlanjut. Meliputi perbaikan drainase, pematangan lahan lapangan, dan penggantian rumput sintetis.

Seperti diketahui, penataan kawasan Stadion Citarum ini masuk dalam program Distaru dengan nilai pagu anggaran Rp 16,8 miliar menggunakan dana APBD Kota Semarang.

Baca juga:  Biaya Perawatan Stadion Citarum Capai 150 Juta Per Bulan

“Sesuai permintaan Pak Wali Kota rumputnya kami ganti dengan rumput sintetis. Pekerjaan fisiknya ini masih berjalan,” katanya.

Dikatakan Irwansyah, karena sesuai dengan standar FIFA, rumput sintetis yang digunakan berbeda dengan rumput yang digunakan di lapangan futsal yang sudah dibangun oleh Pemkot Semarang. Selama proyek berjalan, lanjutnya, Stadion Citarum sementara waktu tidak bisa digunakan. Pengerjaannya pun ditarget rampung pada Desember 2019 mendatang.

Dikatakannya, proyek tersebut akan menambah ruang publik yang memiliki fasilitas komplet di Kota Semarang. Selain penggunaan rumput sintetis berstandar FIFA, alas track lari juga sudah menggunakan bahan baku seperti karet. “Apabila ada pelari yang terjatuh, tidak akan luka,” ujarnya.

Baca juga:  Siwo PWI Jateng Kalah Tipis atas Doskar USM

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menuturkan, selesai pemugaran Stadion Citarum ini, harapannya Kota Semarang memiliki lapangan sepak bola kelas menengah. Stadion Citarum sendiri berkapasitas sekitar 10 ribu penonton. “Kami ingin ada lapangan kelas middle yang daya tampungnya sekitar 10 ribu, yang bisa dipakai untuk kegiatan olahraga sepak bola sebagai penunjang Stadion Jatidiri yang saat ini juga sedang dilakukan pemugaran,” kata Hendi–sapaan akrabnya.

Hendi menjelaskan jika beberapa perbaikan dilakukan di Stadion Citarum. Salah satunya dengan mengganti rumput, dengan rumput sintetis kelas FIFA, dan beberapa lampu penerangan stadion.

“Jika sudah cantik, menarik, dan dapat digunakan, selanjutnya penataan parkir di situ akan dilakukan. Sehingga masyarakat nantinya dapat memanfaatkan lapangan tersebut untuk melakukan aktivitas olahraga,” harapnya. (ewb/aro)

Baca juga:  Istri Mitra Driver Dilatih Berwirausaha

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya