alexametrics

Tanamkan Bela Negara Sejak Usia Dini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam bela negara. Bela negara tidak harus dengan mengangkat senjata maupun perang, apalagi dalam kondisi damai seperti sekarang ini. Oleh karena itu, pada kegiatan TMMD materi wawasan kebangsaan dan bela negara menjadi salah satu sasaran kegiatan non fisik.

“Tujuannya memantik dan menanamkan semangat bela negara kepada seluruh waga Indonesia dimanapun berada,” kata Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto SIP MAP di sela kegiatan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Kodam IV/Diponegoro, di Makodam IV/Diponegoro, kemarin (8/10).

Untuk diketahui dalam program TMMD, selain mengerjakan sasaran fisik berupa pembangunan jalan, RTLH dan sasaran fisik lainnya, juga terdapat sasaran sasaran non fisik. Di antaranya adalah tentang wawasan kebangsaan dan bela negara.

Baca juga:  Napi Lapas Bulu Rayakan Idul Fitri Bareng Keluarga lewat Video Call

Menurutnya, bela negara tidak hanya diserahkan kepada aparat TNI atau Kepolisian saja, tetapi semua warga negara harus ikut berperan sesuai dengan bidang tugas masing-masing sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

“TNI dan Kepolisian sebagai komponen utama, dan rakyat Indonesia sebagai komponen pendukung. Sehingga semua memiliki hak dan kewajiban yang sama sesuai peran dan bidangnya masing-masing,” tambahnya.

Diterangkan oleh Kapendam, bagi petani bisa mengolah lahan pertaniannya dengan baik agar hasilnya melimpah sehingga terwujud swasembada pangan. Itu bagian dari bela negara. Selain itu bagi peternak mengelola peternakannya dengan baik agar swasembada daging, itu bagian dari bela negara.

Begitu juga pedagang, silahkan melaksanakan perniagaan dengan baik agar roda perekonomian terus berputar, termasuk para pelaku pendidikan agar melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik sehingga menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan maju.

Baca juga:  Perjuangan Satgas TMMD 109/Sintang Seberangi Dua Sungai Besar

“Hal semacam ini harus bisa dipahami dan dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan kepada anak-anak usia dini, agar nantinya memiliki pemahaman dan wawasan yang cukup dan benar tentang bela negara,” tambahnya. (hid/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya