alexametrics

Pemimpin Harus Mau Turun Lapangan

Lomba Kampung Hebat Kembali Digelar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Lurah dan camat di Kota Semarang harus memiliki ide-ide inovatif dalam menjalankan tugasnya. Komunikasi yang baik antara lurah dan masyarakat bisa menjadi kunci untuk menggerakkan masyarakat ikut menyelesaikan permasalahan di Kota Semarang.

“Jadi pemimpin teritorial jangan standar-standar saja. Tiap diminta rapat Pak Wali mau datang, tapi tidak punya ide dan inovasi dalam membangun wilayahnya. Ini pemimpin yang standar. Pemimpin yang tidak standar itu yang mau turun lapangan,” jelas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat memimpin sosialisasi Lomba Kampung Hebat 2019-2020 di Gedung Moh Ikhsan Kompleks Balai Kota Semarang, Rabu (9/10).

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryati Rahayu, Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin, jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta camat dan lurah se-Kota Semarang. Sedangkan rombongan Jawa Pos Radar Semarang diwakili General Manager Iskandar dan Ketua Panitia Lomba Kampung Hebat Sugiyanto Wiyono.

Menurut Wali Kota yang akrab disapa Hendi ini, Lomba Kampung Hebat yang diselenggarakan bersama Jawa Pos Radar Semarang merupakan kegiatan yang tepat untuk menunjukkan bahwa lurah dan camat bukan pemimpin yang standar. Sinergi antara pemimpin dan masyarakat yang dipimpin bisa membuat Kota Semarang menjadi semakin hebat. “Lomba Kampung Hebat ini merupakan salah satu kesempatan bagi lurah untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya.”

Baca juga:  Pendaftaran Kampung Hebat Masih Dibuka

Konsep bergerak bersama, kata Hendi, sangat penting dalam membangun wilayah. Tidak bisa hanya mengandalkan kerja pemerintah. Masyarakat juga harus bisa ikut memberikan kontribusi dalam membangun, terutama di kampung masing-masing. Kalangan pengusaha dan swasta juga bisa digandeng untuk menyalurkan bantuan lewat corporate social responsibility (CSR) pada masyarakat dan wilayah mereka berada.

Khusus lurah yang wilayahnya terpilih menjadi juara umum, Hendi menjanjikan tambahan hadiah istimewa. “Lurah yang menjadi juara umum terhebat akan kami berangkatkan studi banding ke luar negeri,” kata Hendi yang langsung disambut tepuk tangan dari para lurah.

General Manager Jawa Pos Radar Semarang Iskandar memaparkan, dua kali penyelenggaraan Lomba Kampung Hebat (2016-2017 dan 2018-2019) telah berhasil menggairahkan masyarakat Kota Semarang untuk lebih peduli merawat kampung masing-masing menjadi lebih baik. Tepatnya menjadi lebih bersih, lebih hijau, lebih aman, lebih guyub dan sebagainya. “Karena itu, kegiatan yang salah satu tujuannya mensinergikan masyarakat dengan aparatur pemerintah di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk membangun dan merawat kampung masing-masing, perlu dilanjutkan,” kata Iskandar.

Lomba Kampung Hebat adalah sebuah kompetisi untuk mencari kampung-kampung yang memiliki program unggulan, unik, menarik, kreatif, dan inovatif, serta bermanfaat bagi warga, dengan prinsip dari warga, oleh warga, dan untuk warga.

Baca juga:  Hijaukan Kampung dengan Hidroponik

Ketua Panitia Lomba Kampung Hebat Sugiyanto Wiyono menjelaskan, kategori dalam pelaksanaan lomba kali ini telah disederhanakan. Hanya ada empat kategori yang dilombakan. “Yakni, Kampung Pintar atau Smart Kampung, Kampung Pancasila, Kampung Kreatif dan Inovatif serta Kampung Bersih-Hijau dan Sehat,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Manajer Iklan Jawa Pos Radar Semarang ini.

Dijelaskan lebih lanjut, unsur penilaian untuk kategori Kampung Pintar adalah kampung yang memiliki program layanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan memanfaatkan jaringan internet untuk menunjang pelayanan warga, pemberdayaan ekonomi, pendidikan kesehatan, kesenian dan budaya. Kampung Pancasila adalah kampung yang memiliki program pemberdayaan warga untuk membangun dan memperkuat nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kebersamaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial. Lalu Kampung Kreatif dan Inovatif adalah kampung yang menggali potensi lokal yang ada dan diberdayakan menjadi sebuah kekhasan yang bernilai ekonomi. Sedangkan Kampung Bersih-Hijau dan Sehat merupakan kampung yang menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui program-program pemberdayaan warga.

Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryati Rahayu dalam kesempatan ini memberikan saran untuk memasukkan unsur penilaian kesehatan dalam salah satu kategori. “Unsur kesehatan penting bagi masyarakat, sehingga perlu dimasukkan dalam Lomba Kampung Hebat,” katanya.

Sesuai saran wawali, unsur kesehatan akan masuk di kategori Kampung Bersih dan Hijau yang akhirnya diubah menjadi Kampung Bersih-Hijau dan Sehat.

Baca juga:  Suami Pusing Nyicil Utang, Istri Malah Selingkuh

Sementara Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin berpesan kepada para lurah dan camat agar hasil dari Lomba Kampung Hebat tidak hanya berhenti saat lomba selesai. “Kampung-kampung yang sudah berbenah juga harus terus dirawat, jangan sampai hanya selesai sampai lomba saja.”

Juara pertama untuk masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 5 juta dan pembangunan infrastruktur senilai hingga Rp 200 juta. Sementara untuk juara kedua mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 4 juta dan juara ketiga uang pembinaan Rp 3 juta. Sedangkan untuk juara umum best award Kelurahan Terhebat mendapatkan uang pembinaan Rp 5 juta, pembangunan infrastruktur dan studi banding ke luar negeri. Sehingga hadiah total termasuk dalam bentuk proyek lebih dari Rp 1 miliar.

Pendaftaran peserta akan dibuka hingga 30 Oktober 2019. Penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 2 Januari hingga 15 Februari 2020 untuk mendapatkan 36 wakil dari 4 kategori yang maju ke tahap selanjutnya. Penjurian tahap kedua rencananya akan dilaksanakan pada 16 Maret sampai 10 April 2020. Dan pengumuman pemenang akan dilakukan saat peringatan HUT ke-473 Kota Semarang pada 2 Mei 2020. “Selama masa pelaksanaan Lomba Kampung Hebat, kegiatan para peserta akan diberitakan di Jawa Pos Radar Semarang secara bergantian,” kata Sugiyanto. (ton/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya