alexametrics

PLN Tambah 30 Unit SPLU di Jateng-DIY

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Mengantisipasi maraknya penggunaan sepeda dan motor listrik, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & DIY berencana akan menambah 30 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) tersebar di seluruh wilayah Jateng-DIY sebagai upaya melayani kebutuhan masyarakan akan suplai tenaga listrik. Tarif listrik untuk baterei sepeda motor dengan jarak tempuh 30 – 40 KM dengan konsumsi listrik 0,8 kWh Rp 1.173.

Humas PLN UID Jateng-DIY Haris mengatakan, PLN sangat mendukung penggunaan sepeda dan motor listrik  untuk terwujutnya Langit Biru. PLN juga sudah siap untuk menambah SPLU di wilayah Jateng-DIY.  SPLU sudah ada di setiap daerah, terutama di tempat-tempat yang masyarakatnya membutuhkan tenaga listrik untuk keperluan tertentu, salah satunya di area tempat PKL yang butuh support listrik untuk penerangan. Mereka bisa membeli listrik sesuai kebutuhannya dengan sistem token.

Baca juga:  Gangguan dan Keluhan PLN bakal Cepat Tertangani

“Setelah makin maraknya alat transportasi seperti sepeda, motor bahkan mobil bertenaga listrik, kami dituntut untuk bisa melayani mereka. Kami pun berencana menambah 30 unit SPLU untuk mendukung kebutuhan tersebut,” papar Haris.

PLN mendukung upaya-upaya menciptakan lingkungan bersih dengan mengurangi polusi pembakaran dan pemanfaatan listrik sebagai energi pengganti bahan bakar fosil yang relatif menyebabkan polusi karena pembakaran. Di PLN sendiri, terutama di wilayah pembangkit sudah banyak yang menggunakan sarana transportasi menggunakan tenaga listrik, sehingga bisa menjadi contoh selain efisien juga ramah lingkungan

“PLN sangat mendukung  konvoi E-Bike yang diselenggarakan Badan Standarisasi Nasional (BSN) pada Minggu kemarin sebagai bentuk dukungan kampanye Langit Biru dan  perkembangan teknologi ramah lingkungan khususnya di bidang transportasi. Sehubungan dengan hal tersebut, PLN siap menyupport dari sisi infrastruktur kelistrikan untuk menyambut era kendaraan ramah lingkungan,” tambahnya.

Baca juga:  Menginap Hanya Rp 3.000 Semalam, Pondok Boro Semarang Jadi Pilihan Para Perantau

Sementara itu manajer PLN UP3 Semarang, Donny Adriansyah

juga sangat mendukung aksi konvoi pengendara sepeda dan motor listrik yang dimulai di Wisma Perdamaian, Tugu Muda, Semarang dan melewati kawasan Kota Lama. Di depan Gereja Blenduk rombongan konvoi berhenti sejenak untuk menyaksikan simulasi pengisian daya motor listrik menggunakan SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum).

“PLN UP3 Semarang menyediakan SPLU di beberapa titik di Kota Semarang yang dapat digunakan para pengguna kendaraan listrik. Penggunaan listrik untuk motor listrik sangat hemat dan murah. Misalnya untuk motor listrik dalam sekali tempuh dengan baterai penuh bisa mencapai 30 – 40 KM dengan konsumsi  0,8 kWh atau setara dengan Rp 1.173,” ujar Donny. (tya/den/zal)

Baca juga:  Bentuk Tim Patroli Pohon, Siaga 24 Jam

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya