alexametrics

Kenalkan Keberagaman Budaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Peringatan Bulan Bahasa dan Hari Batik Nasional yang berlangsung di SMA Sultan Agung 1 Semarang terlihat meriah, Sabtu (5/10). Siswa masing-masing kelas menunjukkan kebolehannya ditambah adanya kunjungan dari berbagai sekolah di Kota Semarang.

“Memang untuk kegiatan ini luar biasa karena masing-masing kelas menunjukkan kebolehannya bahkan ada tamu dari sekolah lain untuk menyaksikan pementasannya,” kata Waka Kesiswaan SMA Sultan Agung 1, Abdul Muis.

Dalam peringatan tersebut, siswa dan siswi juga mengenakan pakaian adat serta batik. Sejumlah lomba juga digelar, seperti pemilihan denok kenang, menghias gethuk serta menyanyi campursari. Berbagai budaya Indonesia ditampilkan perwakilan tiap-tiap kelas. “Jadi acara itu semakin meriah karena ada banyak lomba yang menjadi semangat bagi siswa dan siswi sehingga apa yang menjadi harapan dapat tercapai,” tambahnya.

Baca juga:  Komposisi Diet Tepat, Cegah Penyakit Degeneratif

Tahun ini, kegiatan memang beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, kegiatan hanya untuk kalangan internal. Tapi tahun ini juga mengundang perwakilan SMP dan SMA di sekitar SMA Sulatan Agung 1 Semarang.

“Setiap tahunnya mengambil tema yang berbeda-beda misalnya tahun kemarin tentang literasi budaya, artinya setiap anak membuat puisi. Sedangkan tahun ini mengangkat kebudayaan lokal Indonesia dan juga lokal Semarang dan menampilkan Youtuber bernama Feby putri,” paparnya.

Ketua Panitia, Muhammad Abdilah Riyanda dari kelas 12 IPS 3 mengatakan, kegiatan kali keempat ini melibatkan sekolah lain untuk datang dan menyaksikan kegiatan ini. “Dengan kerjasama yang baik antara masing-masing siswa maka acara Peringatan Bulan Bahasa dan Hari Batik Nasional yang berlangsung di SMA Sultan Agung 1 Semarang bisa berjalan lancar tanpa ada kendala,” katanya.

Baca juga:  Diksar, Mahasiswa Unissula Meninggal

Salah seorang siswa kelas 3 SMP Sultan Agung Salsabila mengatakan, kegiatan ini diharapkan tetap dilakukan setahun sekali sehingga terjalin hubungan yang positif antarsiswa. Bahkan untuk belajar di sekolah ini sangat menyenangkan karena bisa mengenal agama Islam lebih mendalam.

Adapun pemenang dalam lomba Kenang, gelar juara diraih oleh Randi, Anang, dan M Alfin. Pada pemilihan Denok para juara Ristiana, Tsal Vinda dan PutriSekar Arum. Lomba menghias gethuk dimenangkan kelas XII, XI dan X. Sedangkan pemenang lomba campursari adalah Paramita, Adyuta Dara dan Aulia Putri. (hid/sct/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya