alexametrics

Waspadai Banjir Wilayah Barat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Jelang musim penghujan, wilayah Semarang bagian barat masih rawan banjir sehingga butuh perhatian khusus. Oleh karena itu dewan meminta pemkot melakukan antisipasi penanganan sejak dini.

Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman menuturkan banjir dan rob masih menjadi ancaman Semarang terutama pada musim penghujan mendatang. Menurutnya, luasan kawasan rawan banjir di Semarang dari tahun ke tahun memang semakin sempit. Apalagi  di daerah  timur dan utara Semarang. Bahkan jauh berkurang daripada lima tahun lalu. Namun pihaknya mengingatkan bahwa daerah barat seperti Tugu dan Wonosari Ngaliyan sampai saat ini banjir masih menjadi permasalahan besar saat hujan lebat. Maka dari itu pihaknya menginginkan pemerintah tetap memperhatikan masalah tahunan tersebut sehingga dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Baca juga:  KEBUT SEBELUM HUJAN

“Banjir Tugu itu tergolong parah. Bahkan sering menimbulkan korban dan selalu menjadi sorotan publik dengan skala nasional ketika musim penghujan datang. Maka dari itu kami meminta pemkot tetap  memperhatikan masalah banjir tersebut. Meskipun selama ini saya akui dalam tiga tahun pemerintahan berjalan, sudah banyak capaian yang dilakukan pemkot untuk menanggulangi banjir di Semarang,” ujarnya Jumat (4/10).

Namun pihaknya juga menyadari untuk menanggulangi banjir di kawasan Tugu tersebut memang membutuhkan dana yang besar. Bahkan jika diambil dari APBD pun belum dapat menutup biaya penanggulangan. Maka dari itu dirinya menawarkan solusi lain agar pemkot berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait permasalahan banjir tersebut sehingga dapat disampaikan ke Kementerian terkait, guna menemukan solusi dan program yang tepat terkait penanggulangan banjir di kawasan barat Semarang tersebut.

Baca juga:  Tanggulangi Banjir, Siagakan 49 Rumah Pompa

Sementara itu Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Semarang, Iis Widya Harmoko menuturkan musim penghujan di Semarang akan mulai berlangsung bulan November mendatang. Meski begitu pada bulan Oktober ini hujan sudah mulai turun namun dengan intensitas rendah. Dan untuk menghadapi musim penghujan nanti, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama pada saluran drainase.

“Menurut perkiraan, Oktober memang belum masuk musim penghujan. Tapi nanti pada bulan November musim hujan mulai berlangsung. Paruh pertama baru sebagai daerah Semarang yang mengalami hujan, dan paruh kedua keseluruhan Kota Semarang akan diguyur hujan secara merata,” terangnya. (akm/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya