alexametrics

Penipuan Berkedok Cek Palsu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kepolisian sektor (Polsek) Genuk belakangan gencar mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan berkedok cek palsu dengan nilai fantastis.

Modusnya, pelaku sengaja menjatuhkan cek palsu di sembarang tempat. Utamanya di tempat umum. Biasanya cek terbungkus amplop yang di dalamnya terdapat beberapa lembar kertas seorang dokumen penting.

“Ceknya (palsu) biasanya berisi nominal yang fantastis, Rp 2 miliar, Rp 3 miliar. Nilainya ada lebihannya sedikit, misalkan Rp 2, berapa miliar gitu,” ujarnya Kapolsek Genuk, Kompol Zaenul Arifin Jumat (4/10).

Zaenul menyebutkan, kerta-kertas yang seolah mirip dokumen tersebut juga kebanyakan ber-Kop instansi pemerintah. Selain itu juga terdapat tulisan nama perusahaan beserta nomor telepon, penjelasan soal perusahaan, bahkan stampel dan tanda tangan disertai foto pria berjas. Sehingga, ketika korban mengambil cek tersebut akan menghubungi nomor telepon yang tertera.

Baca juga:  Banyak yang Tergiur, Begini Cara Kerja Bandar Arisan Online Salatiga

“Setelah dihubungi, nanti orang di ujung telepon akan menjanjikan upah karena sudah menemukan cek itu. Kemudian korban akan dibimbing ke ATM berdalih akan mentransfer upahnya. Tapi nanti penipu bilang tidak bisa kemudian minta PIN dan sebagainya,” bebernya.

Zaenul mengatakan, modus tersebut diketahui setelah ada warga yang melapor terkait dengan kebenaran cek tersebut.

“Sampai ada yang ribut di keluarganya. Makanya mereka lapor polisi. Di Genuk ternyata banyak yang nerima amplop itu. Pak camat saja juga dapat,” katanya.

Menurut Zaenul, tidak menutup kemungkinan sudah ada warga yang menjadi korban. Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan bujuk rayu yang menggiurkan.

Baca juga:  Modal Tampang Keren dan Mobil Rental, Pria Ini Tipu 10 Janda Luar Dalam

“Sebenarnya ini modus sudah lama sekali. Ya mungkin sudah menjadi korban, tapi tidak dilaporkan. Himbauan kami, kalau lihat seperti itu abaikan saja, jangan mudah percaya,” pungkasnya.

Adanya modus ini, dua pekan terakhir ini Zaenul juga sudah memberikan imbauan bahkan membuat video yang kini viral di WA grup warga Semarang terkait peringatan agar tidak tertipu cek tersebut. (mha/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya