alexametrics

Hari Batik, Penjualan Batik Meningkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Penjualan baju batik di toko Benang Ratu mengalami peningkatan sebesar 25 persen seiring dengan peringatan Hari Batik Nasional. Hal ini karena banyaknya pembeli, terutama bagi anak-anak yang menggunakan baju batik pada peringatan hari batik, Rabu (2/10) kemarin.

“Sebelum hari H, banyak pembeli batik terutama anak-anak untuk dikenakan pada peringatan Hari Batik,” kata Manajer Benang Ratu Majapahit, Apriana Panca Kartikasari.
Dalam peringati Hari Batik Nasional, di tempat tersebut dilakukan peragaan busana ketika banyak pembeli yang datang untuk membeli batik tersebut. Sehingga membuat pembeli ikut menyaksikan peragaan, akibatnya toko menjadi ramai karena banyaknya pembeli yang menyaksikan peragaan tersebut.

Lebih lanjut Apriana menambahkan beberapa outlet yang terletak di empat tempat mengalami kenaikan yang signikan dibanding hari biasa. Banyak masyarakat yang sebelum peringatan Hari Batik sengaja untuk membeli baju batik tidak hanya orangtua tetapi juga anak-anak.

Baca juga:  Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Bagikan Sembako di Pengungsian Trimulyo

“Kalau dipresentasekan, lebih banyak anak dibanding orang dewasa. Mereka sengaja membeli baju batik untuk dikenakan pas Hari Batik Nasional,” imbuhnya.

Diakuinya, pada saat bulan tertentu permintaan batik mengalami peningkatan tajam, terutama pada saat menjelang bulan musim pernikahan atau menjelang Lebaran. Sedangkan batik yang laris manis pada bulan tersebut adalah batik dengan motif Sido Mukti dan Truntum.

“Memang ada beberapa motif batik yang digemari oleh masyarakat dengan motif tertentu. Memang tidak semua motif disukai dan masing-masing motif memiliki pangsa pasar tersendiri,” imbuhnya.

Salah seorang pembeli, Inneke, 23, mengatakan bahwa baju batik tidak lagi milik orangtua tetapi banyak kaum muda yang menggunakan kain batik. Tetapi kain tersebut dikombinasikan dengan menggunakan celana jins bagi anak muda. Tetapi juga dipakai oleh keluarga, misalnya sarimbit.

Baca juga:  Hari Batik Nasional, Wali Kota Salatiga Belajar Mencanting

“Perpaduan warna maupun kainnya bisa dikombinasikan dengan celana jins, sehingga membuat perpaduan menjadi indah dan menarik ketika dikenakan,” katanya. (hid/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya